Tidur Usai Makan Sahur Bisa Picu Gangguan Pencernaan hingga Gerd, Begini Cara Mengatasinya

Tim Editor

Ilustrasi (mohamed Hassan dari Pixabay)

ERA.id - Siapa yang habis makan sahur langsung memutuskan untuk kembali tidur? Kebiasaan seperti ini ternyata tidak baik lho bagi kesehatan tubuh. Ya, meskipun terkadang rasa kantuk menyerang, namun alangkah baiknya kamu hentikan kebiasaan ini.

Dilansir dari Halodoc, kebiasaan tidur setelah makan sahur ternyata memicu beberapa gangguan kesehatan. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang akan terjadi jika kamu membiasakan langsung tidur setelah makan sahur.

Memicu gangguan pencernaan

Apabila makanan yang dikonsumsi saat sahur kaya karbohidrat, protein, dan sayuran, maka dibutuhkan sekitar tiga jam untuk makanan turun sempurna dari lambung.

Jika langsung tidur kurang dari waktu cerna yang direkomendasikan, akan berdampak mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi tubuh.

Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap aktif setidaknya 3 jam setelah makan sahur. Anda bisa melakukan ibadah subuh, seperti salat dan mengaji. Kemudian bisa dilanjutkan dengan membersihkan dapur atau kegiatan lainnya yang bermanfaat.

Refluks asam

Refluks asam atau istilah medisnya Gastro-esophageal Reflux Disease (GERD) memiliki gejalan rasa mengganjal pada tengorokan, mual serta perasaan nyeri seperti terbakar pada dada.  

Selain berpotensi disebabkan oleh kebiasaan langsung tidur setelah sahur, GERD juga dapat dipicu oleh makanan yang kamu konsumsi. Sebaiknya, hindari mengonsumsi kopi, minuman soda, makanan berlemak, makanan pedas, dan makanan yang digoreng saat sahur.

Tidur setelah makan sahur dapat memicu GERD karena tubuh tidak dalam posisi tegak--posisi ideal untuk mencerna makanan. Jika kebiasaan tersebut dibiarkan dalam jangka waktu lama, bisa memicu asam lambung.

Susah Buang Air Besar

Tertidur setelah sahur dapat memicu gangguan pencernaan serta maag. Gangguan pencernaan ini menyebabkan perut dipenuhi oleh gas dan jika terus dibiarkan berpotensi menimbulkan susah buang air besar atau sembelit.

Untuk mencegah datangnya gangguan ini, kamu disarankan untuk tidak makan terlalu banyak serta memperhatikan makanan yang kamu konsumsi saat sahur. Makanan yang kaya serat menjadi salah satu pilihan menu santapan sahur yang sehat.

Selain dapat menjaga sistem pencernaan agar lebih sehat, makananan berserat seperti konsumsi buah buahan dan sayuran dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Tag: eramadan ramadan sahur ramadan 2021

Bagikan: