Buka Puasa Jangan Langsung Makan Nasi, Simak Penjelasannya

Tim Editor

Ilustrasi (antara)

ERA.id - Waktu berbuka menjadi momen yang paling dinantikan bagi setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Saat berpuasa tubuh kita dituntut untuk menahan lapar dan dahaga selama hampir 14 jam.

Selama menahan lapar dan dahaga sepanjang hari, menikamati buka puasa dengan makanan serta minuman pilihan menjadi momen yang membahagiakan.

Kendati demikian, tidak semua jenis makanan atau minuman baik dikonsumsi segera saat berbuka puasa, sebut saja nasi. untuk berbuka puasa , dianjurkan untuk tidak segera mengonsumsi makanan berat terlebih dahulu.


Alasan kenapa lansung mengonsumsi nasi saat berbuka puasa tidak dianjurkan

melansir dari halodoc, Sebenarnya, langsung menyantap makanan berat seperti nasi tidak dilarang. Tapi porsi makanlah yang harus menjadi perhatian. Saat berbuka puasa, penting untuk memastikan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan.

Bukan tanpa alasan, hal itu berguna untuk mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. Saat tidak makan dan minum selama hampir 14 jam, sistem pencernaan sebenarnya beristirahat dan tidak bekerja selama jangka waktu tersebut. Nah pada kondisi ini, makan dalam porsi besar menyebabkan sistem tiba-tiba dipaksa bekerja keras. Hal itulah yang kemudian memicu terjadinya masalah pencernaan.

Pasalnya, langsung mengonsumsi nasi dalam jumlah besar dapat membuat kadar gula tinggi, yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Alhasil kelebihan itu akan dibuang melalui darah ke saluran cerna. Akibatnya, otak menjadi kekurangan oksigen dan glukosa serta membuat seseorang lebih mudah mengantuk termasuk saat sedang melaksanakan salat tarawih.

Makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa

Jika saat berbuka puasa kita tidak dianjurkan untuk makan-makanan berat, lalu makanan apa yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa?

Saat berbuka puasa sebaiknya kita mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu, seperti, buah-buahan. Terutama buah kurma. Selain itu juga telur rebus bisa menjadi pilihan untuk menu berbuka puasa sehat.

Selanjutnya makanan berkuah seperti sup, atau soto juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk membatalkan puasa. Selain kaya akan cairan, sup juga memberikan nutrisi yang cukup dan membuat kenyang.

Tag: puasa buka puasa menu buka puasa

Bagikan: