Puas Santap Semua Menu Lebaran Tanpa Takut Gendut dan Kolesterol, Perhatikan Saran Ahli Gizi

| 13 May 2021 09:05
Puas Santap Semua Menu Lebaran Tanpa Takut Gendut dan Kolesterol, Perhatikan Saran Ahli Gizi
Ilustrasi oper ayam menu khas Lebaran (Instagram/@ayambana.id)

ERA.id - Tak terasa sebentar lagi puasa segera berakhir dan akan menyambut hari Raya Idulfitri tahun 2021. Setiap perayaan Idulfitri pasti dilengkapi dengan berbagai macam olahan makanan khas lebaran, yang nantinya disantap bersama keluarga. 

Adapun makanan-makanan yang biasa tersedia saat lebaran adalah lontong sayur, opor ayam, rendang, gulai, dan lainnya. Meski makanan-makanan tersebut nikmat, tetapi bisa memberikan dampak yang cukup besar bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan, ditambah makanan itu mengandung banyak santan. 

Dilansir dari Medicalnewstoday, santan mengandung banyak kalori dan jumlah lemak yang tinggi. Dengan mengonsumsi olahan makanan dengan santan secara berlebih dapat menyebabkan berat badan naik. Selain itu, santan juga mengandung karbohidrat yang difermentasi yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, bahkan hingga iritasi usus. 

Dengan demikian, mengonsumi berbagai olahan makanan lebaran yang identik dengan santan harus diperhatikan dan dijaga agar tidak kebanyakan. Menurut dr. Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, SpGK - Spesialis Gizi Klinis, semua makanan lebaran sebenarnya dapat dinikmati, tetapi harus memperhatikan kondisi kesehatan tubuh masing-masing. 

"Semuanya jangan berlebihan. Intinya sedikit-sedikit saja. Semuanya itu bisa kita atur, kita bisa sesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Semuanya bisa diatur, disesuaikan saja tubuh masing-masing," ujar dr. Cindiawaty saat ditemui Era.id beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa meski sedang perayaan lebaran, kita harus tetap memperhatikan semua kandungan gizi makanan yang dikomsumsi oleh tubuh harus lengkap. Usahakan untuk tetap melengkapi kebutuhan tubuh mulai dari karbohidrat, serat, dan protein. 

"Perhatikan juga musti ada lengkap semuanya. Jadi harus ada protein hewani, nabati, plus sayur, dan ditutup dengan buah sudah lengkap banget. Kalau saya semuanya harus lengkap, karena kita gak boleh rugi dan mengingat kita lagi masa pandemi. Jadi dalam setiap makan sebisa mungkin lengkap," lanjut dr. Cindiawaty. 

Tak hanya itu, dr. Cindiawaty juga mengingatkan untuk para penderita penyakit lambung, seperti maag, asam lambung sebaiknya mengurangi mengonsumsi makanan dengan kandungan santan saat lebaran, karena makanan jenis itu bisa memicu penyakit kambuh.

"Nah kadang-kadang kalau kondisi perut kita dalam kondisi sakit maag atau lagi gerd atau yang lainnya, itu kita harus membatasi sesuatu yang tinggi yang bersifat gas dan yang bisa memicu penyakit tersebut kambuh," tutup dr. Cindiawaty.

Rekomendasi