3 Gejala Utama Corona Varian Delta dari India, Ketua IDI: Seperti Flu Berat

| 16 Jun 2021 17:11
3 Gejala Utama Corona Varian Delta dari India, Ketua IDI: Seperti Flu Berat
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Ketua Satgas COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban menjelaskan bahwa gejala Varian Delta dari India atau B1617.2 berbeda dengan varian sebelumnya.

"Varian Delta atau yang baru, gejalanya lebih banyak sakit kepala, tenggorokan dan pilek. Seperti kena flu berat," twit Zubairi, Rabu (16/6/2021).

Catatan Zubairi menunjukkan bahwa Varian Delta dari India paling banyak ditemukan di Jakarta dan Jawa Tengah.

"Ada 104 kasus. Untuk penelusuran, memang dibutuhkan WGS (whole genome sequence) atau sampel yang jumlahnya jauh lebih besar," ungkap Zubairi.

Zubairi menjelaskan Varian Delta dari India lebih menular karena memiliki mutasi yang membantunya menyebar sekaligus menghindari sistem imunitas secara parsial.

Terkait apakah Varian Delta dari India ini mengkhawatirkan, Zubairi menerangkan bahwa analisis di jurnal The Lancet menunjukkan mereka yang terpapar Varian Delta dari India memiliki risiko dua kali lipat masuk rumah sakit dibandingkan Varian Alpha.

"Risiko juga meningkat pada mereka yang memiliki komorbid," sebut Zubairi.

Meski demikian, Zuhairi mengatakan bahwa vaksin masih dapat melindungi dari Varian Delta.

"Studi di Inggris terhadap belasan ribu orang yang terinfeksi Delta mengungkap itu. Pfizer-BioNTech memberikan 96 persen perlindungan, sementara AstraZeneca memberikan 92 persen," kata dia.

Rekomendasi