Kasus Covid-19 Melonjak, 8 Tanaman Herbal yang Ampuh Meningkatkan Imun Tubuh

| 29 Jun 2021 08:00
Kasus Covid-19 Melonjak, 8 Tanaman Herbal yang Ampuh Meningkatkan Imun Tubuh
Jahe (Foto: Freepik/may_chanikran)

ERA.id - Salah satu cara pencegahan Covid-19 dengan mengonsumsi berbagai vitamin peningkat imunitas tubuh. Tidak ada salahnya jika kamu ingin mengonsumsi tanaman herbal, terutama dalam situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang. Kamu perlu mencukupi asupan nutrisi agar memiliki sistem imunitas tubuh yang kuat.

Dilansir dari Times of India pada Selasa (29/6/2021), demi menjaga keberlangsungan dan meningkatkan kinerja sistem imun, beberapa tanaman herbal dapat dipilih. Berikut 8 tanaman herbal yang ampuh meningkatkan imun tubuh.

1. Bawang putih

Bawang putih (Foto: Unsplash/team voyas)
Bawang putih (Foto: Unsplash/team voyas)

Bawang putih adalah makanan super yang digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Herbal yang bisa ditemui di semua dapur ini memiliki sifat antimikroba, antibiotik, dan anti-inflamasi.

Bawang putih juga mengandung senyawa yang meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh, yang membunuh bakteri dan virus asing. Kamu dapat menambah jumlah bawang putih dalam makanan untuk mengangkat sistem kekebalan tubuh.

2. Biji labu

Dipenuhi dengan seng, zat besi dan vitamin E, biji labu baik untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Biji labu juga memiliki sifat anti-jamur dan anti-virus. Selain membantu dalam pertumbuhan sel, biji labu meningkatkan suasana hati dan bahkan memperbaiki kualitas tidur. Taburkan beberapa biji labu di salad kamu untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

3. Brotowali

Giloy atau brotowali adalah ramuan serbaguna yang digunakan untuk membuat obat-obatan herbal sejak dulu. Tanaman ini membantu menghilangkan racun dari tubuh, membersihkan darah dan melawan bakteri penyebab penyakit. Sifat anti-oksidannya dapat meningkatkan kesehatan, meningkatkan kekebalan dan pencernaan.

4. Chia seed

Chia seed (Foto: Pexels/Bruno Scramgnon)
Chia seed (Foto: Pexels/Bruno Scramgnon)

Biji chia kecil kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman ini juga mengurangi peradangan dan mengatur respons peradangan dalam tubuh. Kamu bisa membuat puding biji chia untuk menambah asupan.

5. Biji bunga matahari

Kaya akan vitamin E dan nutrisi, biji bunga matahari yang renyah ini mengandung selenium yang membantu tubuh melawan jenis kanker tertentu dan membantu membangun kekebalan tubuh. Antioksidan dan vitamin E dalam biji bunga matahari melawan radikal bebas dan bahkan baik untuk kulitmu. Tambahkan dalam salad atau oatmeal.

6. Jahe

Jahe (Foto: Unsplash/Lawrence Aritao)
Jahe (Foto: Unsplash/Lawrence Aritao)

Jahe adalah senyawa antimikroba, antibiotik, dan anti-inflamasi. Tanaman ini efektif dalam meredakan sakit tenggorokan, menghilangkan mual, dan gas di pencernaan. Sebab, kandungan antioksidannya yang tinggi, jahe dapat meningkatkan sistem respons imun.

Kamu bisa minum teh jahe atau jahe untuk menambah asupan ramuan dalam makanan. Kamu juga bisa menambahkan jahe cincang halus ke dalam masakan.

7. Kayu manis

Kayu manis sejak lama digunakan sebagai obat-obatan herbal. Tanaman ini disebut mampu melawan peradangan, menangkal infeksi dan menyembuhkan jaringan yang rusak. Kayu manis mengandung antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh, memiliki efek anti-diabetes dan bahkan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

8. Kunyit

Empon-empon kuning cerah ini sering digunakan sebagai bumbu masakan khas Indonesia. Selain membuat makanan tambah lezat, kunyit juga mengobati banyak penyakit. Curcumin, yang merupakan senyawa utama kunyit, memiliki potensi meningkatkan imunitas. Senyawa ini mengaktifkan sel darah putih dalam tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan respons antibodi.

Rekomendasi