Bio Farma Bikin Alat PCR Kumur, Diklaim Bisa Deteksi 10 Varian Covid-19

| 04 Jul 2021 20:31
Bio Farma Bikin Alat PCR Kumur, Diklaim Bisa Deteksi 10 Varian Covid-19
Alat 'gargle-PCR' atau PCR kumur bernama Bio Saliva, yang dibuat Bio Farma dan mendapat izin edar Kemenkes per 1 April 2021. (Foto: Bio Farma)

ERA.id - Bio Farma dan perusahaan rintisan bioteknologi Nusantics meluncurkan inovasi terbaru, Bio Saliva, alat uji untuk mendeteksi Covid-19 dengan metode kumur (gargling). Metode ini jauh lebih nyaman untuk mendeteksi virus Covid-19 dalam tubuh pasien dengan atau tanpa gejala.

Dilansir dari situs Bio Farma, (3/7/2021), Bio Saliva ini merupakan pelengkap dari produk sebelumnya yaitu mBioCov19 yang juga dikembangkan oleh Nusantics. Proses pengembangan produk ini melibatkan lebih dari 400 sampel pasien positif Covid-19, baik pasien rawat jalan, maupun rawat inap dan riset validasi selama 7 bulan.

Uji validasi telah selesai dilakukan bersama-sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) dan Rumah Sakit Dokter Kariadi (RSDK).

PCR kumur, atau Gargle-PCR, ini dapat mendeteksi hingga angka CT 40 dan memiliki performance yang sangat baik untuk CT <35 dengan sensitivitas hingga 93.57%. Dengan begitu, Bio Saliva disejajarkan sebagai alternatif dari swab PCR yang dijadikan standar utama tes Covid-19.

Bio Farma menyebut keunggulan Bio Saliva lainnya adalah sampel yang digunakan dalam pengembangan seluruhnya berasal dari pasien Indonesia sehingga punya kesesuaian dengan populasi Indonesia.

Biofarma juga menyebut Biosaliva sudah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan per 1 April 2021.

:Produk ini menjawab tantangan laboratorium klinis akan kebutuhan testing dengan kondisi lapangan di Indonesia, yang umumnya jauh dari fasilitas kesehatan. dengan metode sampling yang nyaman dan akurat," sebut Bio Farma dalam rilisnya.

"Gargle-PCR dapat berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas tracing nasional terutama untuk kalangan anak-anak dan lansia yang membutuhkan kenyamanan lebih dalam pengambilan sampel."

Di tengah maraknya varian Covid-19 dan tingginya angka penyebaran, Bio Farma menjawab kebutuhan akan alat uji yang nyaman dan akurat. Penggunaan Bio Saliva, bersama dengan m-BioCov-19 dapat mendeteksi mutasi B 117 (Alpha), B 1.351 (Beta), P.1 (Gamma), B 1.617.2 (Delta), B 1.617.1 (Kappa), B 1.525 (Eta), B 1.526 (Iota), B 1.466.2 (varian Indonesia), B 1.427/29 (Epsilon), dan C.37 (Lambda).

Sampai saat ini belum ada produk alat uji Covid-19 di Indonesia yang dapat mendeteksi 10 (sepuluh) varian mutasi Covid-19, demikian klaim Bio Farma.

"Kami sudah mengujinya dengan bioinformatics alignment terhadap puluhan ribu data Whole Genome Sequencing variant-variant tersebut. Kemampuan mBioCoV19 mendeteksi semua varian yang beredar dikarenakan pertimbangan atas target genes yang dipakai dalam desain PCR kit sejak tahun lalu," sebut Revata Utama, CTO Nusantics.

Sementara itu Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, menyebut Bio Saliva menjadi kesempatan pertama Indonesia membangun industri alat uji penyakit.

"Meskipun kita tertinggal 2-3 dekade ketimbang negara maju, namun Bio Farma telah berhasil mencatat prestasi penting selama masa pandemi," sebut Honesti.

Bio Farma saat ini tengah melakukan uji post market BioSaliva di 3 (tiga) laboratorium, sejalan dengan limited release, yang ditunjuk oleh Direktorat Pengawasan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Kementerian Kesehatan RI, antara lain;  Lab Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Lab Biomedik Lanjut Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dan Lab Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Rekomendasi