Simak, Ini Manfaat Vitamin D bagi Pemulihan Pasien COVID-19

| 07 Jul 2021 11:23
Simak, Ini Manfaat Vitamin D bagi Pemulihan Pasien COVID-19
Ilustrasi (Shutterstock)

ERA.id - Sebuah studi mengungkapkan bahwa vitamin D dapat membantu dalam pemulihan infeksi virus.

Vitamin D, yang terutama terkait dengan metabolisme tulang dan mineral, telah menunjukkan hasil menjanjikan dalam pemulihan pasien Covid-19.

Seperti dilansir laman Fit Thequint, Rabu (7/7/2021). Penelitian dilakukan oleh dokter Rumah Sakit PGIMER Hospital di antaranya Rimesh Pal, Mainak Banerjee, Sanjay K. Bhadada, Anirudh J Shetty, Birgurman Singh dan Abhinav Vyas.

"Data yang dikumpulkan dari 13 penelitian menunjukkan bahwa vitamin D yang ditambahkan setelah diagnosis Covid-19 mengarah pada peningkatan hasil klinis dalam hal penurunan angka kematian dan/atau penerimaan unit perawatan intensif," jelas Prof Sanjay K. Bhadada, Ketua Departemen Endokrinologi PGIMER.

Para dokter di Institut Pendidikan dan Penelitian Kedokteran Pascasarjana telah menerbitkan sebuah penelitian dalam Journal of Endocrinological Investigation berjudul “Vitamin D supplementation and clinical outcomes in Covid-19, A systematic review and meta-analysis".

Studi ini memberikan banyak dukungan pada fakta bahwa vitamin D dapat digunakan sebagai modalitas pengobatan tambahan yang efektif pada pasien yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19. Peran anti-virus dan imunomodulator vitamin D akan membantu dalam hal pengobatan.

Hanya, ahli memperingatkan agar tidak menggunakan dosis tinggi, terutama melalui suntikan untuk mencegah virus. Penggunaan vitamin D harus sesuai dosis dan anjuran dokter.

"Vitamin D, yang ditambahkan sebelum diagnosis COVID-19, tidak ditemukan meningkatkan hasil klinis dalam meta-analisis kami. Sebaliknya, penggunaan berlebihan dapat menyebabkan keracunan vitamin D," tulis Prof Sanjay K Bhadada dan Rimesh Pal.

Rekomendasi