Covid-19 Omicron Makin Melonjak, 7 Minuman Paling Mujarab yang Menambah Kekebalan Tubuh

| 12 Feb 2022 07:25
Covid-19 Omicron Makin Melonjak, 7 Minuman Paling Mujarab yang Menambah Kekebalan Tubuh
Jus jeruk (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)

ERA.id - Perkembangan kasus varian Covid-19 Omicron di Indonesia terus melonjak. Kasus varian Omicron ini semakin meningkat dan harus diwaspadai karena digadang-gadang penyebab gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia. Maka dari itu, kamu bisa mencegah terpaparnya dari Omicron dari minuman sehat.

Kamu bisa mengonsumsi sejumlah minuman agar terhindar dari paparan varian Omicron dan menjaga sistem imunitas tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik bisa melindungi kita dari mikroba berbahaya dan penyakit tertentu. Berikut 7 minuman sehat untuk tingkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti dilansir dari Healthline.

1. Jus bit, wortel, jahe, dan apel

Jus bit (Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV)
Jus bit (Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV)

Membuat jus dari campuran bahan bit, wortel, jahe dan apel  membantu sistem kekebalan dan mengurangi gejala peradangan. Seringkali, peradangan adalah respon imun terhadap infeksi yang berasal dari virus atau bakteri. Seperti, gejala Covid-19 yakni batuk, nyeri tubuh, hingga demam. Selain itu, orang yang menderita rheumatoid arthritis sangat cocok mengonsumsi jus ini, karena jahe memiliki efek anti-inflamasi.

2. Stroberi dan kiwi

Stroberi dan kiwi adalah pilihan sehat lainnya untuk dimasukkan ke dalam minuman yang mengandung vitamin C. Kamu mungkin ingin memadukan buah-buahan ini menjadi smoothie daripada jus. Susu adalah sumber protein dan vitamin D yang baik, yang sulit didapat dalam jus yang hanya menggunakan buah atau sayuran.

Banyak orang kekurangan vitamin D, yang sebagian besar ditemukan di bawah sinar matahari dan dalam jumlah yang lebih kecil dalam produk hewani. Tingkat sehat, dicapai melalui sinar matahari, diet, atau suplemen, mengurangi risiko infeksi pernapasan seperti pneumonia atau flu. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D bisa meningkatkan keparahan infeksi.

3. Stroberi dan mangga

Jus stroberi (Foto: Pexels/ANTONI SHKRABA)
Jus stroberi (Foto: Pexels/ANTONI SHKRABA)

Campuran jus mangga dan stroberi adalah cara sehat untuk memuaskan hasrat setelah makan siang. Resep ini menggunakan buah mangga dan stroberi yang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kamu bisa membuatnya menjadi smoothie dengan mencampurnya dengan susu skim.

4. Jeruk, jeruk bali, dan jeruk lainnya

Jeruk mengandung lebih dari cukup asupan vitamin C harian yang memiliki sifat antioksidan serta melindungi sel-sel dari zat-zat yang merusak tubuh. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyembuhan luka yang tertunda, respon imun yang terganggu, dan ketidakmampuan untuk melawan infeksi dengan benar.

Saat ini, tidak ada bukti vitamin efektif dalam mencegah penularan atau pengobatan bagi pasien positif Covid-19. Tetapi, penelitian menunjukkan untuk infus vitamin C intravena (IV) sebagai pengobatan COVID-19. Kamu bisa membuat jus dari beragam jenis jeruk untuk mendapat manfaat maksimal. Misalnya campuran jeruk mandarin, jeruk navel, grapefruit, lemon, dan jeruk nipis.

5. Jus apel, wortel, dan jeruk

Jus apel jeruk (Foto: Pexels/JÉSHOOTS)
Jus apel jeruk (Foto: Pexels/JÉSHOOTS)

Wortel, apel, dan jeruk adalah kombinasi yang unggul untuk membantu tubuh melindungi diri sendiri dan melawan infeksi. Apel dan jeruk memberikan vitamin C. Vitamin A, yang juga penting untuk sistem kekebalan tubuh yang hadir dalam wortel dalam bentuk antioksidan beta karoten. Wortel juga mengandung vitamin B-6, yang berperan penting dalam proliferasi sel imun dan produksi antibodi.

6. Kale, tomat, dan seledri

Kale adalah makanan pokok dalam banyak jus hijau dan menambahkan tomat dalam jus mendapatkan nutrisi vitamin A. Menambahkan seledri ke dalam resep ini juga dapat memberikan manfaat anti-inflamasi. Campurkan ketiga bahan ini menjadi jus untuk meningkatkan sistem imun tubuhmu.

7. Tomat

Tomat (Foto: Pexels/Charlotte May)
Tomat (Foto: Pexels/Charlotte May)

Cara terbaik untuk memastikan jus tomat segar dan tidak mengandung banyak bahan tambahan adalah dengan membuatnya sendiri. Tidak diperlukan juicer atau blender. Hanya saja, kamu menyaring potongan-potongan melalui saringan.

Tomat kaya akan vitamin B-9, umumnya dikenal sebagai folat. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Tomat juga menyediakan magnesium dalam jumlah sedang, anti-inflamasi.

Rekomendasi