3 Tips yang Bisa Dilakukan Supaya Tidur Lebih Nyenyak

| 11 Jul 2021 20:26
3 Tips yang Bisa Dilakukan Supaya Tidur Lebih Nyenyak
Tips tidur nyenyak (Foto: Unsplash.com/gregory)

ERA.id - Tidur yang cukup dan berkualitas merupakan suatu hal yang dibutuhkan setiap orang untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tidur juga diperlukan meningkatkan tingkat kerja otak untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Namun, kenyataannya banyak orang yang sering mengalami kesulitan tidur dan membuat tubuh tidak sehat dan mengalami pernurunan peforma kerja tubuh. Dilansir dari Yourtango.com, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidur nyenyak dan nyaman di malam hari. Apa saja? Simak langsung ulasannya.

1. Berjemur setidaknya 20 menit sehari

Berjemur (Foto: Unsplash.com/ jingda)

Paparan cahaya matahari dapat membantu tubuh mudah untuk tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Sinar matahari alami mengatur produksi dan pelepasan melatonin pada tubuh, yang merupakan hormon yang dikeluarkan pada malam hari untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Dengan tubuh terkena paparan sinar matahari, seseorang akan mengalami peningkatan kualitas dan durasi tifur yang cukup dan menyehatkan tubuh.

2. Kurangi minum air menjelang waktu air

Minum air (Foto: Unsplash.com/nigel)

Minum banyak air setiap harinya memanglah penting untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, minum banyak air menjelang waktu tidur di malam hari tidak dianjurkan.

Hal ini karena dengan meminum banyak air menjelang tidur, seseorang mungkin akan terbangun untuk buang air kecil. Ini bisa mengurangi kualitas tidur dan membuat orang tersebut mengalami kesulitan untuk kembali nyenyak.

3. Hindari paparan sumber cahaya

Tak cuma mengurangi minum air, tips selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghindari paparan cahaya menjelang tidur. Cahaya yang dimaksud adalah cahaya yang berasal dari layar handphone, televisi, ataupun laptop.

Alih-alih menatap layar, cobalah untuk bersantai dengan melakukan relaksasi atau latihan pernapasan, mendengarkan musik, membaca bukun atau bercengkrama dengan pasangan. Dengan menghindari cahaya mendekati waktu tidur akan membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Rekomendasi