Tips Atasi Ngantuk saat Puasa

| 30 Apr 2021 10:37
Tips Atasi Ngantuk saat Puasa
Ilustrasi (Shutterstock)

ERA.id - Rasa kantuk saat puasa kerap dialami orang-orang yang tengah berpuasa. Rasa kantuk ini mungkin membuat Anda merasa lemas dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas di siang hari.

Mengantuk saat puasa disebabkan oleh adanya perubahan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh, yang menimbulkan efek serupa jet lag. Perubahan jam biologis tubuh terjadi karena pola makan dan aktivitas yang dilakukan selama bulan Ramadan.

Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Journal Sleep of Research mengungkapkan bahwa adanya pengurangan jam tidur sebanyak 40 menit menyebabkan orang berpuasa jadi mengantuk di siang hari.

Umumnya, orang yang berpuasa akan merasakan kantuk pada jam 14.00 sampai 17.00. Ngantuk rawan menyerang pada jam tersebut karena kadar gula yang mulai menurun.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/4/2021), berikut adalah berbagai cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang bisa diterapkan.

1. Hindari paparan cahaya sebelum tidur di malam hari

Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa adalah dengan menghindari paparan cahaya sebelum tidur di malam hari. Paparan cahaya dari smartphone bisa ganggu siklus tidur.

Baik cahaya lampu, layar televisi, maupun gawai dapat merusak siklus tidur Anda. Jadi, hentikan paparan cahaya setidaknya satu jam sebelum waktu tidur.

2. Ciptakan suasana ideal untuk tidur

Tips agar tidak mudah ngantuk saat puasa adalah menciptakan suasana yang ideal untuk tidur. Anda bisa membuat kamar tidur menjadi gelap, sejuk, dan tenang. Kamar tidur yang nyaman dapat membantu Anda untuk tidur lebih baik.

3. Tidur lebih nyenyak dengan wudhu dan zikir

Agar tidak mengantuk saat puasa di siang hari, cobalah untuk berwudu sebelum tidur pada malam hari. Wudu akan membantu menurunkan suhu tubuh sehingga mempercepat datangnya rasa kantuk.

Efek wudu serupa dengan efek berendam dalam air hangat satu atau dua jam sebelum tidur. Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh, lalu menurunkan suhu tubuh saat Anda ingin tidur.

4. Penuhi Durasi tidur

Durasi tidur yang cukup adalah salah satu cara supaya tidak mengantuk saat puasa. Cobalah untuk selalu tidur dengan durasi setidaknya 4-5 jam. Jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, Anda bisa tidur saat siang atau sore hari.

5. Hindari konsumsi kafein

Mengonsumsi kafein sebelum tidur membuat Anda kesulitan untuk tidur yang memicu rasa kantuk saat puasa. Sebaiknya, hindari konsumsi kafein 4-6 jam sebelum tidur.

Rekomendasi