Penambah Imun Bisa Mencegah Covid-19, 5 Makanan yang Memiliki Kadar Vitamin D Tinggi

| 14 Jul 2021 08:00
Penambah Imun Bisa Mencegah Covid-19, 5 Makanan yang Memiliki Kadar Vitamin D Tinggi
Telur (Foto: Unsplash/Tamanna Rumee)

ERA.id - Memberikan asupan tubuh dengan makanan bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat di tengah pandemi Covid-19, terutama saat ini lonjakan kasus sedang tinggi. Kita bisa mendapatkan nutrisi yang alami dengan asupan vitamin D.

Vitamin D menjadi nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, otot, saraf dan berkontribusi dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dilansir dari Healthline pada Rabu (14/7/2021), berikut 5 makanan yang memiliki kadar vitamin D tinggi.

1. Ikan haring dan sarden

Ikan haring (Foto: Pexels/Karen Laårk Boshoff)
Ikan haring (Foto: Pexels/Karen Laårk Boshoff)

Ikan haring adalah ikan kecil yang bisa dihidangkan dengan berbagai macam cara. Ikan haring segar menyediakan 216 IU setiap 100 gramnya. Di samping itu, ada pun makanan kalengan seperti sarden yang mempunyai sumber vitamin D tinggi, yaitu sekitar 177 IU per 3,8 ons.

2. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod merupakan suplemen yang sangat populer. Pasalnya dalam setiap satu sendok teh minyak hati ikan kod, terkandung 448 IU dari vitamin D. 3. Minyak hati ikan kod. Minyak hati ikan kod merupakan suplemen yang sangat populer. Pasalnya dalam setiap satu sendok teh minyak hati ikan kod, terkandung 448 IU dari vitamin D.

3. Salmon

Salmon (Foto: Unsplash/Caroline Attwood)
Salmon (Foto: Unsplash/Caroline Attwood)

Salmon dikenal sebagai ikan berlemak yang populer karena tinggi vitamin D. Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture (USDA) Food Composition Database, per 100 gram sajian salmon atlantis mengandung 526 IU dari vitamin D.

Selain itu, salmon liar kandungan vitaminnya lebih banyak dari pada salmon yang dibudidayakan. Salmon liar bisa mengandung 988 IU hingga 1300 IU, sementara salmon hasil budidaya menghasilkan 25 persen, yaitu 250 IU.

4. Kuning telur

Orang yang tidak makan ikan harus tahu bahwa makanan laut bukan satu-satunya sumber vitamin D. Salah satunya telur utuh adalah sumber lain yang baik, serta makanan yang sangat bergizi. Satu kuning telur mengandung 37 IU vitamin D.

Kadar vitamin D pada kuning telur bergantung pada paparan sinar matahari dan kandungan vitamin D pakan ayam. Ketika diberi pakan yang sama, ayam yang di pelihara di lahan yang luas dan berkeliaran di luar di bawah sinar matahari menghasilkan telur dengan kadar 3–4 kali lebih tinggi.

5. Jamur

Jamur (Foto: Pexels/laura sorrensen)
Jamur (Foto: Pexels/laura sorrensen)

Jamur dapat mensintesis vitamin ini saat terkena sinar UV, dan menghasilkan vitamin D2. Di mana vitamin D2 berperan penting membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah. Pastikan, saat akan mengonsumsi jamur,  memilih jamur yang tumbuh dengan sinar matahari cukup. Sebab, jamur yang ditanam komersial sering ditanam dalam gelap dan mengandung sedikit D2.

Rekomendasi