Membantu Meningkatkan Imun di Tengah Lonjakan Covid-19, Konsumsi 5 Kandungan Nutrisi yang Menyehatkan Tubuh

Tim Editor

Elderberry (Foto: Freepiik/tynza) imun

ERA.id - Salah satu cara menjaga imunitas disaat pandemi Covid-19 adalah dengan mengonsumsi berbagai vitamin, seperti vitamin C dan D yang jadi tolak ukur nutrisi menjaga imunitas tubuh. Setiap nutrisi diperoleh dari asupan bisa mendatangkan keuntungan bagi kesehatan.

Selain makanan atau minuman, nutrisi bisa diganti dengan mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dilansir dari Healthline pada Kamis (22/7/2021), berikut 5 kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan imun di tengah lonjakan Covid-19.

1. Vitamin C

Jus jeruk (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)
Jus jeruk (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)

 

Vitamin C berperan penting dalam melindungi tubuh dari paparan virus Covid-19. Vitamin C sangat bermanfaat sebagai antioksidan kuat, yang berguna untuk melindungi dari kerusakan yang disebabkan stres oksidatif akibat radikal bebas.

Maka dari itu, konsumsi vitamin C dengan baik bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh terlebih di masa pandemi Covid-19. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan fungsi berbagai sel bermanfaat untuk melindungi dari infeksi berbagai virus lainnya.

2. Vitamin D

Vitamin D memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Vitamin D bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh yang berguna di masa pandemi Covid-19. Vitamin D meningkatkan efek melawan patogen dari monosit dan makrofag dimana sel darah putih menjadi bagian penting dari pertahanan mampu mengurangi peradangan dan membantu meningkatkan respons imun tubuh. Selain itu, mengonsumsi vitamin D dapat melindungi terhadap infeksi saluran pernapasan.

3. Elderberry

Elderberry (Foto: Freepik/imykola)
Elderberry (Foto: Freepik/imykola)

Elderberry hitam (Sambucus nigra), telah lama digunakan sebagai infeksi dan berpengaruh meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, elderberry memperlihatkan potensi antibakteri dan antivirus kuat terhadap patogen bakteri. Hal ini bertanggung jawab pada infeksi saluran pernapasan bagian atas dan jenis virus influenza.


Maka dari itu, Elderberry sangat bermanfaat dalam melindungi tubuh khususnya saluran pernapasan dari paparan virus Covid-19. Terlebih lagi, Elderberry terbukti meningkatkan respons sistem kekebalan, membantu mempersingkat durasi, tingkat keparahan pilek, dan mengurangi gejala yang terkait dengan infeksi virus.

4. Jamur obat

Jamur obat telah digunakan sejak zaman dulu untuk mencegah dan mengobati infeksi dan penyakit. Berbagai jenis jamur obat yang telah dipelajari berpotensi meningkatkan kekebalan sistem imun tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan suplemen jenis tertentu dari jamur obat bisa meningkatkan imun tubuh. Hal ini sangat bermanfaat dalam mengurangi gejala tertentu, termasuk asma dan infeksi paru-paru.

5. Mineral Zinc

Mineral zinc (Foto: Freepik/Yuliafurman)
Mineral zinc (Foto: Freepik/Yuliafurman)


Zinc ataun Seng adalah nutrisi mineral sangat bermanfaat dalam upaya guna meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini karena kandungan mineral di dalam zinc sangat penting meningkatkan fungsi imun tubuh. Zinc sangat bermanfaat dalam proses perkembangan dan komunikasi sel imun.

Hal ini membuat zinc berperan sangat penting dalam proses respon inflamasi. Zinc secara khusus menjadi pelindung jaringan dalam tubuh dan mencegah masuknya patogen asing. Akan tetapi, kekurangan zinc di dalam tubuh akan secara signifikan mempengaruhi sistem imun tubuh.

Hal ini berdampak pada peningkatan risiko infeksi virus dan penyakit.
Zincmenjadi pelindung jaringan dalam tubuh dan mencegah masuknya patogen asing.

Tag: menaikan imun tubuh imun tubuh nutrisi meningkatkan kekebalan tubuh

Bagikan: