Bisa Picu Depresi, 5 Cara Mengurangi Rasa Cemas yang Berlebihan

| 25 Aug 2021 07:00
Bisa Picu Depresi, 5 Cara Mengurangi Rasa Cemas yang Berlebihan
Cara kurangai rasa cemas berlebihan (Foto: Unsplash.com/nik)

ERA.id - Setiap orang pastinya memiliki rasa khawatir dan cemas akan berbagai hal dalam hidupnya. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, masalah percintaan, hingga kesuksesan yang ingin dicapai.

Perlu diketahui bahwa kecemasan dan khawatir akan sesuatu hal bisa menjadi pemicu terjadinya depresi dalam diri. Untuk itu perlu dilakukan upaya untuk menghindari hal tersebut terjadi, sebelum nantinya merusak kesehatan mental.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa khawatir dilansir dari Webmd.com.

1. Olahraga

Cara kurangai rasa cemas berlebihan (Foto: Unsplash.com/jonathan)

Olahraga merupakan salah satu cara utama untuk mengurangi rasa cemas yang bisa menimbulkan depresi. Baik melakukan olahraga ringan ataupun berat dapat membantu perasaan menjadi lebih tenang dan tidak terlalu memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi.

2. Kurangi minum kopi

Cara kurangai rasa cemas berlebihan (Foto: Unsplash.com/caleb)

Sering merasa cemas setiap harinya? Tampaknya kamu harus mulai mengurangi mengonsumsi kopi secara berlebihan. Berdasar penelitian, kafein yang terkandung dalam kopi bisa memicu kecemasan dalam tubuh meningkat.

Jika rasa khawatir dan cemas kamu sudah berlebihan dan mengganggu kegiatan, ada baiknya untuk mengurani konsumsi kopi dan beristirahatlah sejenak.

3. Tulis hal yang membuat cemas

Cara lainnya untuk mengurangi rasa cemas yang berlebihan adalah dengan menulis hal-hal apa saya yang membuat kamu merasakan cemas yang berlebihan itu. Selagi menulis hal tersebut, tulis juga apa saja yang kamu punya dalam hidupmu yang patut untuk disyukuri.

Dengan menulis daftar-daftar tersebut, kamu akan merasa lebih tenang dan mengenal apa saja yang sudah kamu dapatkan dalam hidup. Ini akan membuat perasaan cemas akan hal yang belum terjadi atau kamu takutkan berkurang.

4. Lakukan yoga atau meditasi

Cara kurangai rasa cemas berlebihan (Foto: Unsplash.com/carl)

Yoga dan meditasi mejadi salah satu metode untuk mengurangi rasa cemas yang berlebihan. Selain itu, cara yang satu ini sangat cocok untuk semua orang tanpa memandang usia.

Saat melakukan yoga atau meditasi akan membantu pikiran menjadi lebih tenang dan lebih positif. Dengan melakukan yoga juga bisa membantu pikiran dan tubuh untuk lebih fokus melakukan kegiatan sehari-hari.

5. Mendengarkan musik

Tak bisa dipungkiri musik merupakan hal yang sudah menjadi teman sehari-hari. Dengan mendengarkan musik dapat membantu pikiran menjadi relaks dan tenang.

Mendengarkan musik instrumental dapat menurunkan rasa cemas berlebihan pada seseorang. Ini karena dengan dengar musik jenis instrumental detak jantung akan berkurang dan menurunkan tekanan darah yang bisa mengurangi ketegangan pada tubuh.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa cemas dan khawatir yang berlebihan. Yuk, lakukan dan jangan sampai depresi, ya.

Rekomendasi