Selain Menyehatkan, Inilah Manfaat Gerakan Senam 3M ABC Kemendikbudristek

| 06 Nov 2021 16:30
Selain Menyehatkan, Inilah Manfaat Gerakan Senam 3M ABC Kemendikbudristek
Anak-anak senam (Foto: Pexels/Yan Krukov)

ERA.id - Kunci utama bagi setiap anak untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat adalah kebugaran jasmani. Selain makanan, untuk mendapatkan kebugaran jasmani bisa dilakukan dengan senam. Salah satu jenis senam yang bisa dilakukan si kecil adalah senam 3M ABC.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI bersama Kalbe Consumer Health, melalui brand Sakatonik ABC meluncurkan Kampanye 3M ABC (Asupan nutrisi, Bergerak aktif dan Ceria) dalam rangka mendukung penerapan protokol kesehatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas tahun ajaran baru 2021/2022.

Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi sekolah dasar di seluruh Indonesia mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan 3M dan gaya hidup sehat ABC dengan memenuhi asupan nutrisi, salah satunya melalui pemberian multivitamin, bergerak aktif dan ceria untuk lawan COVID-19.

"Kemendikbudristek RI juga menganjurkan anak-anak untuk bergerak aktif di sekolah, salah satunya dengan melakukan Gerakan Senam 3M ABC. Gerakan senam ini merupakan sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak dalam memahami pentingnya 3M dan memenuhi asupan nutrisi, bergerak aktif dan ceria untuk lawan Covid-19," ungkap Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd, Direktur Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI melalui acara virtual Kampanye 3M ABC - Kampanye edukatif dari Kemendikbudristek dan Kalbe Consumer Health melalui Sakatonik ABC pada Jumat (5/11/2021).

Kampanye 3M ABC (Foto: dok. Kalbe Consumer Health)
Kampanye 3M ABC (Foto: dok. Kalbe Consumer Health)

Dr Leny Pintowari, Sp.KO, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) mengatakan untuk tetap sehat dan bugar, anak-anak perlu rutin bergerak atau berolahraga setidaknya 60 menit setiap hari. Dengan bergerak aktif, proses tumbuh kembang anak-anak menjadi lebih optimal, serta baik untuk perkembangan fisik, mental dan spiritual anak.

Gerakan Senam 3M ABC disusun langsung oleh para Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga dari PDSKO dengan memasukkan unsur pengingat prokes 3M dan gaya hidup sehat ABC Asupan nutrisi, Bergerak aktif, dan Ceria.

"Gerakan ini mudah diterapkan dan menyenangkan bagi anak-anak. Gerakan ini berdurasi 12 menit sehingga dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari," lanjutnya.

Kampanye 3M ABC (Foto: dok. Kalbe Consumer Health)
Kampanye 3M ABC (Foto: dok. Kalbe Consumer Health)

Anak-anak dianjurkan untuk melakukan senam ini secara rutin minimal 10-12 minggu untuk mendapatkan manfaat seperti:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh,

2. Mempertahankan serta meningkatkan ketahanan jantung dan paru-paru,

3. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang,

4. Meningkatkan kelenturan, mendukung perkembangan fisik, mental, sosial, perilaku dan kognitif anak

5. Melindungi dari penyakit akibat kurang gerak seperti kegemukan, diabetes, hipertensi, keropos tulang (osteoporosis) dan lain-lain.

Direktur Kalbe Consumer Health, Feni Herawati mengatakan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang merupakan kunci tumbuh kembang optimal pada anak. Memenuhi kecukupan nutrisi dan pemberian multivitamin Sakatonik ABC setiap hari mampu menunjang perkembangan fisik dan kecerdasan anak, serta memperkuat daya tahan tubuhnya.

Rekomendasi