5 Minuman yang Bikin Semangat dan Berenergi di Pagi Hari

| 09 Dec 2021 06:06
5 Minuman yang Bikin Semangat dan Berenergi di Pagi Hari
Jus (Foto: Pexels/Toni Cuenca)

ERA.id - Saat kesibukan tiada hentinya, minuman berenergi menjadi andalan untuk menambah stamina dan pemulihan rasa lelah. Terutama di pagi hari, sebagian orang memilih untuk memulai aktivitasnya dengan mengonsumsi minuman berenergi supaya lebih semangat.

Namun, minuman energi jika dikonsumsi setiap harinya tidak baik untuk kesehatan. Ada sejumlah minuman sehat yang bisa meningkatkan metabolisme, membuang racun dari dalam tubuh dan mencukupi kebutuhan cairan. Berikut 5 minuman meningkatkan energi di pagi hari, seperti dilansir dari Alodokter.

1. Infused water

Infused water (Foto: Pexels/Raka Miftah)
Infused water (Foto: Pexels/Raka Miftah)

Jika kamu merasa kurang nyaman untuk minum satu gelas air putih ketika bangun tidur, kamu bisa minum infused water atau air putih yang dicampur dengan potongan buah. Misalnya, air putih yang dicampur potongan lemon atau timun. Minuman ini bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, sekaligus memberikan nutrisi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

2. Air jahe

Sebagian orang mungkin ragu untuk minum air jahe di pagi hari karena khawatir jahe akan membuat perut menjadi tidak nyaman. Padahal, mengonsumsi air jahe di pagi hari justru bermanfaat untuk ‘menenangkan’ perut. Minuman ini mampu mengatasi mual, muntah, dan diare.

3. Teh hijau

Teh hijau (Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko)
Teh hijau (Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko)

Selain aromanya yang terasa nikmat bila dihirup, teh hijau ternyata juga baik untuk dikonsumsi pada pagi hari karena dapat membuatmu lebih segar dan siap mengerjakan aktivitas sepanjang hari.

Selain itu, teh hijau dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa penyakit serius, seperti penyakit jantung, penyakit liver, dan diabetes. Rutin mengonsumsi teh hijau juga dipercaya bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya obesitas.

4. Jus buah atau sayur

Butuh energi lebih untuk menjalani aktivitas seharian? Jus buah atau sayur bisa menjadi jawabannya. Mengonsumsi jus buah atau sayur di pagi hari dapat melancarkan peredaran darah  dan oksigen ke seluruh tubuh, mengatasi lelah, dan meningkatkan energi. Salah satu jus yang bisa kamu coba adalah jus dari sayuran hijau dan buah pisang.

5. Susu

Susu (Foto: Pexes/Ketut Subiyanto)
Susu (Foto: Pexes/Ketut Subiyanto)

Susu tidak hanya baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Mengonsumsi susu bermanfaat untuk memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Jika kamu tidak terbiasa untuk minum segelas susu di pagi hari, kamu bisa mencampur susu dengan sereal atau sup.

Rekomendasi