Lebih Menyehatkan, Ini 6 Alternatif Pengganti Minyak Saat Memasak

| 10 Dec 2021 07:12
Lebih Menyehatkan, Ini 6 Alternatif Pengganti Minyak Saat Memasak
Minyak goreng (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

ERA.id - Saat memasak, minyak sayur atau minyak goreng mungkin merupakan satu-satunya pilihan minyak yangkamu tahu ada. Namun, minyak goreng bisa menghilangkan nutrisi baik dari makanan yang kamu masak. Selain itu, minyak goreng bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan mempunyai kandungan lemak jenuh.

Tak harus pakai minyak goreng, kamu bisa menggunakan minyak lain untuk masak atau hanya untuk ditambahkan dalam makanan. Setiap jenis minyak ini mengandung nutrisi yang memengaruhi kesehatan. Berikut 6 jenis minyak sehat saat memasak, seperti dilansir dari Well and Good.

1. Zaitun

Minyak zaitun (Foto: Pexels/Pixabay)
Minyak zaitun (Foto: Pexels/Pixabay)

Minyak zaitun sering kali menjadi minyak pilihan dan jadi alasan yang tepat untuk digunakan. Minyak ini terdiri dari 73 persen asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak sehat yang diketahui membantu mengurangi peradangan. Tidak heran, minyak zaitun adalah makanan pokok dalam diet Mediterania.

Minyak zaitun mengandung polifenol, yang baik untuk kesehatan jantung dan pencegahan penyakit. Selain itu, minyak zaitun bermanfaat untuk kesehatan kulit supaya selalu cantik.

2. Alpukat

Mirip dengan minyak zaitun, minyak alpukat mengandung 10 gram lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Juga mirip dengan minyak zaitun, minyak ini kaya akan asam olea, yang dianggap memiliki sifat anti-inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Kelapa murni

Minyak kelapa murni (Foto: Pexels/RODNAE Productions)
Minyak kelapa murni (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

Minyak kelapa adalah salah satu minyak sehat yang paling kontroversial di luar negeri. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang tinggi. Namun, kandungan nabati jadi lebih baik menggunakan minyak kelapa daripada mentega. Minyak kelapa murni juga memiliki rasa kelapa enak, mengandung MCT tinggi, dapat digunakan tubuh untuk bahan bakar yang mudah.

4. Biji rami

Minyak biji rami adalah sumber zat besi, magnesium, dan vitamin E, dan biji rami juga memiliki rasio asam lemak omega-3 yang baik dengan asam lemak omega-6. Minyak biji rami memberikan rasa pedas yang lezat pada makanan yang dicicipinya, menjadikannya minyak penutup dan saus yang bagus saat kamu menginginkan sentuhan makanan pedas.

5. Kenari

Minyak kenari memiliki manfaat kesehatan yang serupa, kaya akan asam lemak omega-3 anti-inflamasi yang menyehatkan jantung. Sama seperti kacangnya, minyak kenari menawarkan rasa yang bersahaja dan kaya untuk makanan. Ini paling baik digunakan dalam makanan mentah atau di atas saus, di mana kamu ingin makanan itu memberikan rasa yang enak.

6. Biji labu

Minyak biji labu adalah salah satu minyak paling trendi, berkat kredibilitas kuliner dan manfaat kesehatannya. Ini mengandung vitamin A, vitmain E, seng, dan asam lemak omega-3, dan omega-6, serta antioksidan. Minyak biji labu juga bermanfaat untuk kesehatan kulitmu.

Rekomendasi