Jenis Minyak Goreng untuk Balita yang Aman di Masa MPASI

| 02 Jun 2024 16:30
Jenis Minyak Goreng untuk Balita yang Aman di Masa MPASI
Jenis minyak goreng untuk balita (freepik)

ERA.id - Di masa bayi diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI), minyak goreng menjadi salah satu bahan penting untuk menumis atau menggoreng. Lantas apa saja jenis minyak goreng untuk balita?

Namun, dengan banyaknya jenis minyak goreng di pasaran, memilih minyak goreng yang tepat untuk balita bisa membingungkan bagi para orang tua. Berikut ini beberapa panduan singkatnya.

Jenis Minyak Goreng untuk Balita

Dilansir dari Mama Knows Nutrition, baik minyak alpukat dan minyak zaitun merupakan pilihan populer untuk memasak, dan keduanya menawarkan manfaat kesehatan yang baik.

  1. Minyak Alpukat

Minyak alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, telah terbukti menurunkan kolesterol LDL ("jahat") dan meningkatkan kolesterol HDL ("baik").

Selain itu, minyak alpukat memiliki rasa yang ringan dan netral, sehingga tidak akan mengubah rasa makanan Anda. Hal ini membuatnya ideal untuk memanggang dan menumis bagi balita.

Minyak alpukat juga memiliki titik asap 271°C, yang berarti stabil saat dipanaskan dengan suhu tinggi. Ini membuatnya cocok untuk menggoreng dan membakar.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Minyak zaitun juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan menawarkan manfaat kesehatan yang sama seperti minyak alpukat sehingga baik untuk balita Anda.

Minyak zaitun menyehatkan jantung (freepik)

Namun varietas berbeda untuk minyak zaitun juga memiliki berbagai metode memasak. Hal tersebut lantaran minyak zaitun tersedia dalam berbagai varietas, masing-masing dengan titik asap yang berbeda. Berikut jenis-jenisnya:

  • Minyak zaitun extra virgin: Memiliki titik asap terendah (sekitar 190°C) dan paling cocok untuk saus salad dan dressing.
  • Minyak zaitun light: Memiliki titik asap yang lebih tinggi (sekitar 242°C) dan cocok untuk menumis dan menggoreng ringan.
  • Minyak zaitun murni: Memiliki titik asap tertinggi (sekitar 204°C) dan cocok untuk menggoreng dan membakar.
  1. Pilihan Minyak Lainnya yang Bagus untuk Bayi

  • Minyak canola: Memiliki titik asap tinggi dan rasa netral, menjadikannya pilihan yang baik untuk menggoreng dan menumis.
  • Minyak bunga matahari: Memiliki titik asap yang sangat tinggi (232°C) dan cocok untuk menggoreng dengan suhu tinggi.
  • Minyak kacang tanah: Memiliki rasa yang nutty yang lezat dan titik asap yang cukup tinggi (232°C), sehingga cocok untuk menumis dan menggoreng.
  • Minyak wijen: Memiliki rasa yang kuat dan unik dan titik asap yang tinggi (252°C), sehingga cocok untuk tumisan dan hidangan Asia.

Menggunakan Minyak Berdasarkan Fungsinya

  • Memanggang: Pilih minyak dengan rasa netral, seperti minyak alpukat, minyak canola, atau minyak bunga matahari.
  • Menumis atau menggoreng: Gunakan minyak dengan titik asap tinggi, seperti minyak alpukat, minyak canola, atau minyak bunga matahari.
  • Membakar: Pilih minyak dengan titik asap tinggi, seperti minyak bunga matahari atau minyak alpukat.
  • Tumis: Coba gunakan minyak kacang tanah untuk rasa yang nutty.
  • Saus, vinaigrette, dan minyak finishing: Gunakan minyak zaitun extra virgin.
  • Pada akhirnya, minyak terbaik untuk Anda adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Cobalah berbagai jenis minyak untuk menemukan favorit Anda!

Selain jenis minyak goreng untuk balita, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi