Petugas Kebersihan Wisma Atlet Tertular dari Orang yang Baru Pulang dari Luar Negeri, Bukan Pasien Omicron Pertama di Indonesia?

| 17 Dec 2021 06:36
Petugas Kebersihan Wisma Atlet Tertular dari Orang yang Baru Pulang dari Luar Negeri, Bukan Pasien Omicron Pertama di Indonesia?
RSD Wisma Atlet (Antara)

ERA.id - Pemerintah mendeteksi varian Omicron masuk ke Indonesia. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan kasus Omicron pertama di Tanah Air terjadi di fasilitas karantina Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta.

"Kasus Omicron yang sudah kita konfirmasi satu (kasus) dan lima kasus probable itu terjadi di karantina," kata Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers perkembangan COVID-19 yang diikuti melalui Zoom di Jakarta, Kamis (16/12/2021)siang.

Budi mengatakan kasus Omicron yang dialami seorang petugas kebersihan RS Wisma Atlet Jakarta berinisial N diketahui berdasarkan hasil analisa genom sekuensing yang diterima Kemenkes RI pada 15 Desember 2021.

"Petugas pembersih ini tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri," katanya.

Menurut Budi, kronologi kasus penularan yang sama juga pernah dilaporkan otoritas terkait di Hongkong.

"Jadi karena dia melayani pasien, akibatnya dia tertular," katanya.

Budi mengatakan N selama ini tinggal di asrama Wisma Atlet Jakarta. Saat menerima laporan, Kemenkes langsung menghubungi yang bersangkutan dan dilakukan isolasi di asrama.

Lalu apakah varian Omicron sudah menjadi penularan lokal?

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 IDI, Prof Zubairi Djoerban mengatakan, karakteristik varian Omicron memang menular sangat cepat. Zubairi memberikan contoh kasus penularan Omicron di Amerika Serikat.

"Data Amerika menunjukkan hanya 33 persen dari kasus pertama (Omicron) itu yang mempunyai riwayat luar negeri. Artinya orang yang terinfeksi di sana memang tertular orang yang baru dari luar negeri," katanya, kepada ERA.id.

Jadi apakah petugas kebersihan di Wisma Atlet tersebut bukan pasien pertama Omicron di Indonesia? Zubairi menegaskan jika seperti halnya COVID-19, Omicron pun datang dari luar negeri.

"Jadi seperti juga di Wisma Atlet itu, petugas kebersihan itu, dia tertularnya dari orang yang mendapat penularannya dari luar negeri terus ke Indonesia, terus dianya yang tertular," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh pihak berupaya bersama-sama dengan sekuat tenaga agar infeksi virus COVID-19 varian Omicron tidak meluas di Tanah Air.

“Yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di Tanah Air. Jangan sampai terjadi penularan lokal,” kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Pada Kamis pagi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah mengumumkan kasus pertama yang terkonfirmasi COVID-19 varian Omicron. Kasus infeksi pertama tersebut dialami seorang petugas kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta.

Presiden Jokowi mengingatkan varian Omicron memiliki karakteristik penularan yang sangat cepat. Oleh karena itu, seluruh pihak harus melakukan upaya optimal untuk mencegah persebaran Omicron.

“Kita harus berupaya menjaga situasi di Indonesia tetap baik,” ujar Presiden.

Rekomendasi