Pemerintah Pastikan 3 Kasus Probable di Manado Bukan Varian Omicron

Tim Editor

Ilustrasi vaksin covid-19 (Dok. Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan tiga warga negara asing (WNA) yang ada di Manado, Sulawesi Utara tidak terpapar Covid-19 Varian Omicron. Ketiga WNA tersebut sebelumnya masuk dalam lima kasus probable atau kemungkinan Varian Omicron.

Dia menegaskan, hingga saat ini kasus Varian Omicron yang ada di Indonesia baru ada di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

"Confirm baru ada berita, yang di Manado tidak Omicron. Jadi kita yang Omicron hanya ada di Wisma Atlet," kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkn di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (20/12/2021).


Saat ini, pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mencegah penyebaran Varian Omicron di tengah masyarakat sehigga tidak berkembang menjadi transmisi lokal. Salah satunya dengan mengunci sejumlah tower di Wisma Atlet.

Luhut juga memastikan, Varian Omicron belum berkembang di tengah masyarakat meskipun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menemukan tiga kasus Varian Omicron di Indonesia.

"Saya ulangi, sampai hari ini Omicron itu baru terdapat di Wisma Atlet, itu sudah di-lockdown oleh Menteri Kesehatan. Sampai hari ini belum ditemukan di tengah masyakat," kata Luhut.

Lebih lanjut, koordinator PPKM Jawa-Bali itu meminta seluruh pihak agar tidak menyebarkan informasi palsu soal Varian Omicron. Dia meminta seluruh pihak untuk bekerja sama.

"Saya imbau semua masyarat. Semua kita politisi, tentara, polisi, masyarakat semua jangan ada yang memain-mainkan ini," tegasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan menyebut, hingga saat ini terdapat tiga kasus pasien Covid-19 yang terpapar Varian Omicron. Satu orang merupakan petugas kebersihaan di Wisma Atlet, dan dua lagi merupakan warga negara Indonesia yang baru melakukan perjalanan luar negeri.

"Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet," kata juru bicara vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Jumat (17/12).

Sedangkan petugas kebersihan Wisma Atlet yang positif Varian Omicron disebut terpapar dari seorang WNI yang tiba dari Nigeria pada 27 November 2021.

 

Tag: luhut pandjaitan covid-19 wisma atlet omicron

Bagikan: