Supaya Pembakaran Kalori Maksimal, Inilah 5 Makanan Terbaik Usai Berolahraga

| 06 Jan 2022 08:08
Supaya Pembakaran Kalori Maksimal, Inilah 5 Makanan Terbaik Usai Berolahraga
Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

ERA.id - Saat kamu melakukan olahraga, baik dalam intensitas, durasi, atau frekuensi, sangat penting untuk diingat untuk menyesuaikan pola makan. Sama seperti kamu perlu mengisi ulang tangki bensin mobil karena mesin menggunakan bahan bakar, harus mengisi kembali simpanan energi setelah berolahraga.

Tetapi, kamu harus memperhatikan asupan makanan apa saja yang masuk dalam tubuhmu guna pembakaran kalori maksimal. Berikut 5 makanan yang harus dikonsumsi usai berolahraga, seperti dilansir dari Eating Well.

1. Oatmeal

Oatmeal (Foto: Pexels/JÉSHOOTS)
Oatmeal (Foto: Pexels/JÉSHOOTS)

"Oatmeal adalah salah satu makanan go-to pemulih usai berolahraga karena mengandung karbohidrat dan protein bagus, seperti buah-buahan dan kacang-kacangan. Selain itu, ini hangat dan mengenyangkan dapat mencegah kelaparan di kemudian hari," kata Rizzo sebagai ahli gizi terdaftar dan Pemilik Greenletes di Kota New York.

Pada 64 gram oatmeal memenuhi kebutuhan protein sebanyak 5 gram dan karbohidrat mencapai 27 gram. Lalu hiasi dengan topping dan campuran yang kamu inginkan.

2. Berry

Segala jenis berry, seperti blueberry, stroberi, raspberry, blackberry, kaya akan antioksidan penangkal peradangan. Rizzo mengatakan beberapa peradangan setelah berolahraga adalah normal, itu adalah sistem penyembuhan tubuh.

"Tapi kami masih ingin mengurangi peradangan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, jadi makan makanan antioksidan tinggi, seperti buah beri, adalah cara yang baik untuk melakukannya," kata Rizzo.

Karena buah dan sayuran yang kuat antioksidan dapat membantu proses pemulihan dan mengurangi nyeri otot, konsumsilah lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Reaver merekomendasikan, termasuk setidaknya satu porsi buah beri.

Masukkan 1 cangkir blueberry (kandungan 85 kalori, 22 gram karbohidrat, 1 gram protein) ke dalam semangkuk yogurt Yunani atau campurkan ke dalam mangkuk smoothie.

3. Kacang

Kacang (Foto: Pexels/Marta Branco)
Kacang (Foto: Pexels/Marta Branco)

"Jika perut kamu bisa mengatasinya, makan kacang apa pun setelah berolahraga memberikan kombinasi karbohidrat dan protein yang dibutuhkan tubuh," kata Rizzo. Jika waktunya makan dalam satu atau dua jam setelah berolahraga, salah satu makanan favorit Rizzo adalah nasi dan kacang-kacangan.

Satu porsi 1 cangkir kacang pinto, menawarkan 245 kalori, 45 gram karbohidrat, dan 15 gram protein. Selain menjadi salah satu kacang yang paling sehat untuk dimakan, almond adalah makanan pemulihan yang baik karena 1 ons mengandung 6 gram protein.

4. Almond

Satu genggam kacang almond yang sehat, sekitar 23 kacang almond atau 1 ons, menyediakan 20 persen magnesium harianmu, mineral yang membantu produksi energi dalam tubuh dan mendukung fungsi otot. Selain itu, sumber lemak sehat apa pun, seperti almond menawarkan 14 gram per porsi, sangat membantu untuk mengelola tingkat rasa lapar.

Jadi, jika kamu merasa latihan membuatmu cukup lapar untuk menyerang mesin penjual otomatis, kemas sebagian untuk mengisi bahan bakar dengan cara yang seimbang dan mendukung pemulihan. Setiap porsi 1 ons almond menawarkan 164 kalori, 6 gram karbohidrat, dan 6 gram protein.

5. Yoghurt

Yoghurt (Foto: Pexels/Any Lane)
Yoghurt (Foto: Pexels/Any Lane)

Sementara banyak sumber protein padat untuk pertumbuhan otot, protein susu termasuk yang terbaik. Sedikitnya 9 gram protein susu dapat mulai memacu sintesis protein di otot. Sebagai hasilnya, bermanfaat untuk pemulihan, saran penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition .

Yoghurt Yunani serbaguna adalah pilihan yang cepat, terjangkau, dan dikemas dengan probiotik . Kefir, keju cottage, dan keju ricotta juga merupakan pilihan padat. Sebuah wadah 7 ons yogurt Yunani polos memasok 150 kalori, 20 gram protein dan 8 gram karbohidrat.

Rekomendasi