4 Tips Terlindung dari Covid-19 Selama Ramadan dan Lebaran

| 27 Mar 2022 16:50
Siti Nadia Tarmizi (BNPB)

ERA.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membagikan tips agar masyarakat tetap terlindungi dari Covid-19 selama Ramadhan dan Lebaran di tengah pandemi yang masih belum berakhir.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menyampaikan salah satu cara mengindari penularan adalah para pemudik perlu segera melengkapi vaksinasi lengkap dan bila perlu booster.

"Pertama orang tuanya perlu melengkapi dosis secara lengkap bahkan juga Booster," ujar Nadia dalam sebuah diskusi bertema 'Mudik, Booster, dan Masker', dikutip dari siaran kanal YouTube MNC Trijaya, Minggu (27/3/2022).

Selain itu, lanjut Nadia, penerapan protokol kesehatan ketat juga harus tetap dilakukan.

"Paling tidak orang tua mengenakan masker dan sang anak juga diajarkan agar menggunakan masker," sambungnya.

Nadia juga mengingatkan agar ketika melakukan wisata di luar kota, perlu diperhatikan juga tingkat kepadatannya. Pasalnya, semakin padat, maka semakin terbuka ruang penularan atau terinfeksi virus Covid-19.

"Paling penting dan yang keempat, sebenarnya kalau memang terlalu padat tempat-tempat wisata, sebaiknya dihindari. Apalagi kalau kita membawa anak-anak yang usianya di bawah 6 tahun," terangnya.

Pada kesempatan ini, Nadia meengaku optimistis untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. Namun, tingginya mobilitas masyarakat, perlu adanya langkah antisipasi dan perlindungan dengan vaksinasi booster.

Dia juga mendorong penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk ke tempat wisata. "Bukan hanya mudik saja, jadi Idul Fitri jadi arus untuk liburan juga, tempat wisata harus benar-benar menggunakan PeduliLindungi,"

 

Kami juga pernah menulis soal Mudik Idulfitri Tapi Belum Booster? Menkes: Tetap Boleh, PCR dan Antigen! Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!



 

Rekomendasi