Anti Lesu, 6 Menu Sahur yang Menjaga Tubuh Tetap Berenergi

| 31 Mar 2022 06:06
Anti Lesu, 6 Menu Sahur yang Menjaga Tubuh Tetap Berenergi
Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/Anna Tarazevich)

ERA.id - Ramadan tiba pada awal April 2022. Bagi umat Muslim, puasa wajib dijalankan di bulan Ramadan. Namun, berpuasa membuat letih, mengantuk, kehausan, lesu, banyak keluhan, dan lain sebagainya. Hal ini karena setelah sahur, tak ada lagi aktivitas makan sampai matahari terbenam.

Maka dari itu, ada beberapa makanan tertentu yang sangat membantu menjaga tingkat energi dan memastikan tetap terhidrasi sepanjang hari. Tentunya, ini sesuatu yang sangat penting ketika Bulan Suci bertepatan dengan musim panas. Berikut 6 menu sahur yang menjaga tubuh tetap berenergi, seperti dilansir Arab News.

1. Buah dan sayuran

Buah-buahan (Foto: Pexels/Trang Doan)
Buah-buahan (Foto: Pexels/Trang Doan)

Makan buah atau sayuran saat sahur adalah cara yang ideal untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Hal ini membantu menghindari sembelit yang tidak nyaman dan merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Pilih sayuran yang tergenang air, seperti mentimun, untuk menjaga kadar air tetap stabil. Ingatlah untuk menjaga kulit tetap segar karena merupakan sumber serat yang bagus.

2. Protein

Keju, ikan, telur, dan kacang memberikanmu energi dan menunda rasa lapar sepanjang hari. Daging seperti ikan, daging sapi tanpa lemak dan daging unggas putih adalah pilihan yang baik selama memilih yang rendah lemak. Mungkin tampak sedikit berat untuk makan makanan seperti itu saat sahur. Tetapi, porsi kecil akan sangat membantumu selama puasa.

3. Karbohidrat kompleks

Roti (Foto: Pexels/Cats Coming)
Roti (Foto: Pexels/Cats Coming)

Karbohidrat kompleks terbuat dari rantai panjang gula sederhana. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan di roti gandum dan sereal, beras merah, pasta gandum, pisang, kentang, gandum, ubi jalar, sayuran dan kacang-kacangan. Makanan ini akan memastikanmu tidak mengalami gangguan pasca makan seperti saat menikmati karbohidrat sederhana.

4. Air

Pastikan untuk tetap minum air semalaman untuk menghindari rasa haus selama jam-jam puasa. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menghindari makanan asin, seperti acar, zaitun, kacang asin dan makanan kaleng, saat buka puasa malam sebelumnya, serta saat sahur. Ini akan membuatmu haus dan bisa membuat kembung.

5. Susu atau yogurt

Yogurt (Foto: Pexels/Any Lane)
Yogurt (Foto: Pexels/Any Lane)

Produk kaya kalsium seperti susu skim dan yogurt membantu kekuatan otot dan mempertahankan hidrasi.

6. Permen ringan

Puding ringan, mouhallabia atau puding beras dapat dikonsumsi saat sahur karena membuatmu merasa kenyang dan memberi tubuh energi dan gula yang dibutuhkan saat berpuasa.

Rekomendasi