7 Negara dengan Sistem Transportasi Umum Terbaik Tahun 2022, Indonesia Termasuk?

| 06 Sep 2022 07:10
7 Negara dengan Sistem Transportasi Umum Terbaik Tahun 2022, Indonesia Termasuk?
Bus di Singapura, salah satu negara dengan sistem transportasi umum terbaik (unsplash)

ERA.id - Berbagai negara telah memiliki sistem transportasi yang baik. Hal itu tentu memberikan keuntungan, baik bagi negara maupun rakyat. Di antara berbagai negara dengan sistem transportasi umum terbaik, sejumlah negara Asia ada di dalamnya. Apakah Indonesia termasuk?

Saat ini sistem transportasi Indonesia belum sekelas dengan beberapa negara tersebut. Paparan berikut ini mungkin bisa memberi gambaran mengenai sistem transportasi yang baik sehingga ke depan bisa diwujudkan di Tanah Air.

Dengan demikian, jalanan tak akan dijejali oleh kendaraan pribadi sebab orang-orangnya menggunakan transportasi umum yang baik dan nyaman. Dikutip Era dari far & wide, berikut adalah beberapa negara dengan sistem transportasi terbaik di dunia.  

Daftar Negara dengan Sistem Transportasi Umum Terbaik

1. Tokyo, Jepang

Anda bisa bepergian di Tokyo dengan mudah dan efisien saat menggunakan jaringan kereta kota tersebut, bahkan jaringan kereta Tokyo disebut sebagai jaringan kereta terluas di dunia. Jaringan kereta di Tokyo melayani hampir 3,5 miliar per tahun.

kereta di Jepang (unsplash)

Sebanyak 80 persen pekerjaan dan populasi di kota ini berada dalam jarak satu kilometer dari stasiun kereta bawah tanah atau pinggiran kota. Tak heran jika Tokyo, Jepang menjadi salah satu yang terbaik di dunia terkait infrastruktur kereta.

2. Chicago, Illinois

Salah satu keunggulan dari sistem transportasi di kota ini adalah soal biaya yang sangat terjangkau. Beberapa golongan mendapatkan diskon, atau bahkan gratis, antara lain penyandang disabilitas, personel militer, dan manula.

Saat ini 100 persen bus dan kereta api, serta 70 persen stasiun metro bisa diakses. Tak hanya itu, beberapa waktu ini bus sedang dipromisikan terkait penggunaan mesin diesel bersih dengan rencana untuk menambah jumlah bus listrik.

Tak hanya itu, kota di negara bagian Amerika Serikat ini menggunakan teknologi untuk meningkatkan layanan transportasinya. Sekitar 20 aplikasi tersedia untuk mempermudah transit, menawarkan informasi kedatangan (secara real time), peta rute yang terperinci, fitur perencanaan perjalanan, dan banyak lagi.

3. Madrid, Spanyol

Madrid di Spanyol punya sistem transit dalam kota yang sangat baik. Selain itu, sistemnya juga terhubung dengan kereta ringan untuk membawa penduduk lokal dan turis ke seluruh Eropa.

metro di Madrid, Spanyol (unsplash)

Wisatawan juga mendapatkan kenyamanan dan aksesibilitas sistem, misalnya 60 persen stasiun metro dan 100 persen stasiun bus bisa diakses kursi roda.

4. Paris, Prancis

Salah satu negara yang dikunjungi untuk wisata adalah Prancis, tepatnya di Paris. Untuk berkeliling di kota yang khas dengan menaranya ini, wisatawan bisa menggunakan sistem transportasi umum yang unggul.

Sistem kereta yang ekstensif di City of Lights beroperasi hampir 24 jam dengan sekitar 6,75 juta penumpang pengguna. Sistem transportasi umum di sini dikenal sebagai salah satu yang paling aman di dunia. Hal tersebut tak terlepas dari langkah pemasangan lebih dari 40.000 kamera di stasiun kereta.

Paris juga memiliki layanan elektronik tercanggih di dunia. Sebanyak 2.400 layar informasi real time membantu warga Paris dan pengunjung terkait navigasi.

5. Hong Kong

Sistem transit di Hong Kong termasuk yang paling luas dan mengesankan di dunia. Sistem ini digunakan oleh sekitar 5,8 juta orang per hari.

Jaringan metro yang luas memastikan 75 persen populasi berada dalam jarak satu kilometer dari stasiun. Terlepas dari banyaknya lalu lintas pejalan kaki harian, sistem yang digunakan mempertahankan tingkat ketepatan waktu 99,9 persen.

Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan transportasi umum ini terbilang murah—sekitar 50 sen hingga $7,50.

Sekitar 83 persen orang merasa puas dengan transportasi umum di kota metropolitan yang ramai ini. Meskipun sistem ini mudah digunakan setelah Anda memahaminya, hal tersebut masih cukup rumit dan butuh waktu satu menit untuk membiasakan diri.

6. London, Inggris

Sebanyak 85 persen populasi di ibu kota Inggris ini merasa puas dengan transportasi umum di London. Sistem transportasi di London terjangkau, efisien, dan inovatif.

Sistemnya memang tampak agak rumit, tetapi mudah dinavigasi. Sistem peta untuk kereta bawah tanah tabung sangat sederhana dan mudah dimengerti. Hampir setengah dari pejalan kaki menggunakannya untuk bepergian di kota.

Fitur lain yang diminati oleh masyarakat adalah bus. Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah memungkinkan penumpangnya menikmati pemandangan sekitar.

7. Singapura

Tingkat kepuasan penumpang transportasi umum di Singapura menjadi yang tertinggi di dunia. Sebanyak 86 persen orang merasa senang dengan angkutan umum di kota, di negara yang sangat dekat dengan Indonesia ini.

Singapura menawarkan layanan elektronik mutakhir, termasuk perencana perjalanan yang baru disempurnakan, dan opsi tiket, seperti kartu EZ-link yang mudah digunakan.

Dari rentetan daftar tadi, sistem transportasi umum Singapura menempati urutan pertama dalam hal keterjangkauan, dan ini juga berlaku bagi wisatawan. Tiket wisata khusus menawarkan perjalanan tak terbatas hanya dengan $7 per hari atau $14,50 untuk tiga hari. Anak-anak bisa bepergian dengan gratis.

Itulah beberapa negara dengan sistem transportasi umum terbaik. Tentu kita berharap semoga Indonesia segera memiliki sistem transportasi yang baik pula seperti negara-negara tersebut.

Rekomendasi