Ukraina Berhasil Merebut Kherson Kembali, Zelenskyy: Ini Hari Bersejarah!

| 12 Nov 2022 10:15
Ukraina Berhasil Merebut Kherson Kembali, Zelenskyy: Ini Hari Bersejarah!
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (Wikimedia Commons)

ERA.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan unit khusus angkatan bersenjata mereka sudah berada di Kherson setelah penarikan pasukan Rusia. Ia menggambarkan hari itu sebagai momen bersejarah, Jumat (11/11/2022).

Penduduk yang gembira menyambut pasukan di pusat kota setelah Rusia meninggalkan satu-satunya ibu kota regional yang telah direbutnya sejak invasi pada Februari.

"Hari ini adalah hari bersejarah," kata Zelenskyy dalam pidatonya dilansir dari Channel News Asia. "Kami mendapatkan kembali bagian selatan negara itu, kami mendapatkan kembali Kherson!"

Ia juga menyampaikan unit khusus mereka sudah tiba di kota, sementara pasukan yang lain sudah ada di pinggiran kota. Mereka akan secepat mungkin melakukan langkah-langkah untuk mengamankan Kherson, membersihkan sisa-sisa ranjau, dan memperkuat garis depan.

Penduduk Kherson yang mengungsi ke Kyiv ketika kota mereka direbut oleh tentara Rusia pada Maret lalu mulai berkumpul di Alun-Alun Maidan pada pukul 19:00. Mereka membawa bendera, membuka botol sampanye, dan saling berpelukan.

Kemudian mereka menyanyikan lagu kebangsaan Ukraina dan menyambut gembira tentara Ukraina yang memasuki Kherson, kota pertama yang jatuh ke tangan Rusia dan yang pertama direbut kembali.

Rekomendasi