Rudal Ukraina Nyasar ke Polandia, Presiden Polandia: Itu Kecelakaan

| 19 Nov 2022 14:06
Rudal Ukraina Nyasar ke Polandia, Presiden Polandia: Itu Kecelakaan
Presiden Polandia Andrzej Duda saat berkunjung ke Ukraina. (Wikimedia Commons)

ERA.id - Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan rudal pertahanan Ukraina yang jatuh ke negaranya dan membunuh dua orang adalah sebuah kecelakaan. Hal ini disampaikan dalam pidatonya di Subcarpathian Voivodeship, Jumat (18/11).

"Kemungkinan besar itu kecelakaan," kata Duda dilansir dari Tass. Ia menambahkan rudal itu jatuh 6 km dari perbatasan. “Tidak ada satu negara pun di dunia yang memiliki sistem pertahanan yang dapat melindungi seluruh wilayah, terutama pada jarak yang begitu dekat dari perbatasan,” katanya.

Sebuah rudal jatuh di desa Przewodow di Lublin Voivodeship Polandia timur dekat perbatasan dengan Ukraina pada Selasa (15/11) dan menewaskan dua orang. Duda mengatakan pada hari Rabu (16/11) bahwa rudal itu adalah bagian dari sistem pertahanan udara Ukraina.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan bahwa AS memiliki keyakinan penuh atas kesimpulan dari Polandia. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut pernyataan Kiev berkaitan dengan insiden itu sebagai "provokasi besar".

Rekomendasi