Pesawat Tabrak Truk Saat Lepas Landas di Peru, Dua Orang Tewas

| 19 Nov 2022 18:01
Pesawat Tabrak Truk Saat Lepas Landas di Peru, Dua Orang Tewas
Gambar yang diambil penumpang pesawat maskapai LANTAM dengan nomor penerbangan LA2213 setelah tabrakan dengan truk pemadam kebakaran. (Istimewa)

ERA.id - Sebuah penerbangan maskapai LATAM tiba-tiba terhenti di Lima, Peru, pada hari Jumat (18/11) setelah sebuah truk pemadam kebakaran bertabrakan dengan pesawat saat bersiap untuk lepas landas.

Penerbangan dengan nomor LA2213 itu rencananya berangkat dari ibu kota Peru, Lima, ke kota Juliaca. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan maskapai mengindikasikan tidak ada korban jiwa di antara 102 penumpang dan staf penerbangan. Namun, dua personel pemadam kebakaran bandara dilaporkan meninggal dunia, seperti dilansir dari Sputnik.

Belum ada keterangan pasti apa yang dilakukan petugas pemadam kebakaran di landasan, atau apa yang menyebabkan truk pemadam kebakaran itu mendekati pesawat saat meluncur untuk lepas landas.

Rekaman insiden tersebut telah muncul di media sosial, menunjukkan berbagai sudut pandang kecelakaan dari dalam bandara dan landasan.

Pesawat terus melaju pada jalurnya usai tabrakan dengan bagian kanan terseret di sepanjang landasan, yang memicu kobaran api dan kepulan asap.

Penerbangan menuju Bandara Internasional Jorge Chavez akhirnya dialihkan ke bandara terdekat. Mitra Bandara Lima menyatakan bahwa operasi di bandara akan dihentikan sementara hingga pukul 1 siang waktu setempat pada hari Sabtu (19/11).

Investigasi atas insiden tersebut sedang berlangsung. Kantor kejaksaan telah mengindikasikan bahwa mereka juga sedang menyelidiki kasus tersebut atas dugaan tindak pembunuhan.

Rekomendasi