Jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI Akan Dipajang Senin Besok untuk Umat Katolik

| 01 Jan 2023 13:00
Jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI Akan Dipajang Senin Besok untuk Umat Katolik
Paus Emeritus Benediktus XVI. (Wikimedia Commons)

ERA.id - Paus Emeritus Benediktus XVI telah meninggal pada usia 95 tahun, Vatikan mengumumkan pada Sabtu (31/12/2022), hampir satu dekade setelah ia menjadi paus pertama yang mengundurkan diri dalam enam abad terakhir.

"Dengan kesedihan, saya memberi tahu Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 9:34 pagi di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," kata juru bicara Vatikan Matteo Bruni dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari CNA.

Jenazahnya akan dipajang mulai Senin pagi (2/1/2023) di Basilika Santo Petrus, untuk memberi kesempatan umat Katolik memberikan penghormatan terakhir mereka.

Penghormatan juga mulai berdatangan dari seluruh dunia. Kanselir Jerman Olaf Scholz memuji Paus Emeritus Benediktus XVI sebagai "sosok formatif Gereja Katolik, pribadi yang argumentatif, dan teolog yang cerdas".

Sementara itu, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni memujinya sebagai "sosok hebat dalam sejarah".

Paus Emeritus Benediktus XVI lahir di Jerman, 16 April 1927 dengan nama Joseph Ratzinger. Ia telah menjalani kehidupan yang tenang di sebuah bekas biara di dalam tanah Vatikan sejak keputusannya yang mengejutkan untuk mundur pada Februari 2013.

Kesehatannya telah menurun sejak lama, tetapi Vatikan mengungkapkan pada hari Rabu (28/12/2022) bahwa situasinya telah memburuk, sementara Paus Fransiskus meminta umat Katolik di seluruh dunia untuk mendoakannya.

Pada tahun 2013, Paus Emeritus Benediktus XVI mengundurkan diri dengan alasan kesehatan fisik dan mentalnya yang menurun, menjadikannya paus pertama sejak 1415 yang melepaskan posisi sebagai kepala gereja Katolik sedunia.

"Ada saat-saat kegembiraan dan cahaya, tetapi juga saat-saat yang tidak mudah ... Ada saat-saat ... ketika laut bergejolak dan angin bertiup melawan kita dan sepertinya Tuhan sedang tidur," kata Benediktus dalam pidato terakhirnya yang dihadiri lebih dari 150.000 orang.

Rekomendasi