Siapa Frank Hoogerbeets dan Bagaimana Bisa Prediksi Gempa Turki?

| 09 Feb 2023 13:25
Siapa Frank Hoogerbeets dan Bagaimana Bisa Prediksi Gempa Turki?
Siapa frank hoogerbeets (Twitter)

ERA.id - Frank Hoogerbeets menjadi perbincangan setelah Turki hingga Suriah diguncang gempa dengan kekuatan 7,8 SR pada hari Senin 6 Februari 2023. Siapa Frank Hoogerbeets sebenarnya?

Sebelumnya gempa Turki telah membawa kehancuran besar pada negara tersebut, di samping jumlah korban jiwa yang tidak dapat diprediksi.

Namun, jika pemerintah masing-masing negara mau memperhatikan prediksi para peneliti, jumlah korban jiwa dapat dikurangi.

Sayangnya, hampir tidak ada orang yang percaya pada prediksi gempa bumi, namun cukup menakutkan sekaligus mengherankan bahwa seorang peneliti telah meramalkan gempa bumi dahsyat ini empat hari sebelumnya berdasarkan perhitungannya.

Siapa Frank Hoogerbeets?

Ahli geologi Belanda, Frank Hoogerbeets, dalam sebuah tweet tertanggal 3 Februari mengatakan, "Cepat atau lambat akan terjadi gempa berkekuatan ~M 7,5 di wilayah ini (Turki Tengah-Selatan, Yordania, Suriah, Libanon)."

Frank Hoogerbeets bahkan prediksi gempa di Indonesia (Twitter)

Melalui video Youtube-nya, Hoogerbeets menjelaskan secara rinci indeks geometri tata surya yang memprediksi gempa bumi besar tersebut. Frank Hoogerbeets adalah seorang peneliti dari sebuah lembaga bernama Solar System Geometry Survey (SSGOES).

https://youtu.be/TZL-pJh3QaU (EMBED VIDEO)

Setelah gempa bumi melanda wilayah tersebut, Hoogerbeets berkata, "Hati saya tertuju kepada semua orang yang terkena dampak gempa bumi besar di Turki Tengah. Seperti yang saya nyatakan sebelumnya, cepat atau lambat hal ini akan terjadi di wilayah ini, mirip dengan tahun 115 dan 526. Gempa-gempa ini selalu didahului oleh geometri planet yang kritis, seperti yang kita alami pada tanggal 4-5 Februari lalu."

Sementara itu, Hoogerbeets dan SSGOES mengklaim bahwa kesejajaran planet memainkan peran penting di balik gempa bumi, para netizen tetap terpecah dengan banyak yang mengklaim bahwa gempa bumi tidak dapat diprediksi sebelumnya.

Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah Melebihi 15.000 Orang

Dilansir dari The New York Times, Jumlah korban tewas akibat gempa bumi dahsyat di Turki dan Suriah terus bertambah karena tim penyelamat menghadapi kekurangan truk, bahan bakar, dan waktu.

Dua hari setelah gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 SR menewaskan lebih dari 15.000 orang di Turki dan Suriah, para keluarga berkerumun di tengah hujan yang dingin, menumpang terpal untuk membuat tenda-tenda seadanya, beristirahat di atas perabot yang diambil dari reruntuhan, serta mengantri untuk mendapatkan sepatu dan selimut - apapun yang tersedia.

Banyak yang marah karena kru penyelamat dengan alat beratnya membutuhkan waktu yang lama untuk tiba. Di Kahramanmaras, di mana Presiden Recep Tayyip Erdogan dari Turki berkunjung pada hari Rabu, tiga mayat ditemukan dari sebuah bangunan berlantai enam dan setidaknya ada enam korban lainnya di dalam reruntuhan. "Para relawan ada di sini, tetapi tidak ada negara," kata seorang kerabat dari dua korban.

Bangunan-bangunan runtuh di jalan-jalan di seluruh Turki selatan, membuat jalan-jalan tersebut tidak dapat dilalui, dan sebuah stasiun pemadam kebakaran di Pazarcik diubah menjadi rumah duka sementara.

Celah-celah di dinding bangunan yang masih berdiri cukup lebar untuk dimasuki. Pecahan kaca berserakan di tanah, mengancam kaki para korban yang selamat, banyak di antaranya tidak bersepatu dan masih mengenakan pakaian tidur yang mereka kenakan saat gempa melanda dua hari yang lalu.

Sementara itu, menurut badan penanggulangan bencana Turki, demikian dilaporkan oleh Kantor Berita Andalou pada hari Kamis pagi, Jumlah korban tewas di Turki telah melampaui 12.000 orang.

Secara keseluruhan, 12.391 orang telah meninggal dan 62.914 orang terluka, menurut badan tersebut, yang dikenal dengan inisial AFAD.

Erdogan, politisi terkemuka Turki selama 20 tahun, melakukan kunjungan pertamanya ke zona bencana pada hari Rabu untuk memberi tahu rakyatnya betapa banyak yang telah dilakukan pemerintahannya untuk membantu, sambil mendesak agar warga "bersabar" karena lebih banyak bantuan mengalir ke mereka.

Namun, pemimpin partai oposisi terbesar di negara itu menolak seruan untuk bersatu, dan mengatakan bahwa Erdogan "sepenuhnya bertanggung jawab." Kritik terhadap respons bencana pemerintah hanya akan menambah hambatan bagi upaya Erdogan untuk terpilih kembali pada bulan Mei.

Perang saudara yang telah berlangsung lebih dari satu dekade di Suriah mempersulit upaya-upaya untuk menyalurkan bantuan ke negara tersebut. Banyak pengungsi yang mengungsi akibat pertempuran tinggal di daerah yang dilanda gempa di Turki, dan sementara bantuan tidak menyeberang ke Suriah, mayat-mayat masih terus berdatangan.

Krisis kemanusiaan telah mendorong warga Turki di seluruh dunia untuk bersatu dan mengumpulkan uang serta mengumpulkan persediaan untuk dikirim ke rumah. Upaya mereka berkisar dari penjualan kue di London hingga pengumpulan sumbangan di panti jompo di Berlin.

Di Turki, Erdogan mengatakan bahwa misi penyelamatan akan difokuskan pada beberapa provinsi yang terkena dampak paling parah di Turki: Hatay, Adiyaman dan Kahramanmaras.

Sementara itu, di Suriah, di mana lebih dari satu dekade perang saudara telah menciptakan krisis kemanusiaan, setidaknya 3.042 orang tewas dalam gempa tersebut, menurut Kementerian Kesehatan dan kelompok bantuan Helm Putih.

Selain siapa Frank Hoogerbeets, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman.

Rekomendasi