Terancam Letusan Gunung, Warga di Kolombia Pilih Bertahan Merawat Hewan Ternak

| 09 Apr 2023 07:39
Terancam Letusan Gunung, Warga di Kolombia Pilih Bertahan Merawat Hewan Ternak
Gunung berapi Nevado del Ruiz di Kolombia. (Istimewa)

ERA.id - Kawah gunung berapi Nevado del Ruiz yang tertutup salju di Andes, Kolombia mengepulkan asap diiringi seruan mengungsi dari pemerintah. Namun, ribuan penduduk desa di kaki gunung berapi itu memilih tetap tinggal untuk merawat tanaman dan hewan ternak mereka.

Seorang warga bernama Luis Canon mengaku takut, tetapi ia mengatakan tak punya pilihan selain menerima nasibnya.

"Jika Anda meninggalkan barang-barang di sini, tanaman, hewan, ketika Anda kembali tidak ada apa-apa," kata pria berusia 50 tahun yang mengenakan topi dan ponco tradisional itu seperti dilansir dari AFP.

Ancaman letusan telah membayangi sejak akhir Maret ketika jumlah getaran harian di dalam gunung berapi melonjak dari 50 menjadi 12.000.

Pemerintah menaikkan tingkat siaga dari kuning menjadi oranye dan memerintahkan evakuasi 7.500 orang yang tinggal di kaki bukit dan lereng gunung berapi.

Namun, peringatan itu tidak meyakinkan banyak dari mereka yang tinggal di zona bahaya untuk pergi.

"Penduduk desa memiliki sapi, kuda, domba, kambing, dan unggas, dan itu menghalangi mereka untuk bergerak dan mengambil bagian dalam evakuasi pencegahan karena takut dicuri," kata penasihat presiden Luis Fernando Velasco. 

Pemerintah mengatakan sedang mengadopsi "langkah-langkah luar biasa untuk memindahkan sekitar 80.000 hewan menjauh dari zona waspada".

Sementara itu, ada lebih dari 57.000 orang tinggal di daerah yang mungkin terkena dampak letusan baru.

Rekomendasi