5 Kota Paling Tua di Dunia, Menapaki Sejarah Peradaban Manusia

| 12 May 2023 19:35
5 Kota Paling Tua di Dunia, Menapaki Sejarah Peradaban Manusia
Kota Jericho, kota paling tua di dunia (Welcome to Palestine)

ERA.id - Manusia telah memiliki peradaban sejak ribuan tahun yang lalu. Hal tersebut berdasarkan penemuan berbagai artefak dan bangunan kuno. Kemudian, berdasarkan penelitian, ada beberapa daerah yang dinilai sebagai kota paling tua di dunia.

Banyak dari kota kuno yang sudah tidak bisa kita jumpai lagi saat ini. Namun, masih ada beberapa kota yang hingga saat ini masih eksis dan berkembang menjadi kota modern. Dikutip Era.id dari US News, inilah 5 kota tertua di dunia yang masih eksis.

Kota Paling Tua di Dunia yang Masih Eksis

1. Jericho

Sejauh ini, Kota Jericho di Palestina diyakini sebagai kota tertua di dunia karena diduga sudah ada sejak 9000 SM. Peninggalan peradaban kota tersebut yang menjadi bukti usianya adalah Tembok Jericho.

Bangunan tersebut memiliki tinggi sekitar 3,6 meter, Tembok Jericho menjadi salah satu penemuan arkeologi terbesar di wilayah tersebut dan diperkirakan dibangun pada 8000 SM. Saat ini Jericho masuk wilayah Palestina (berdasarkan Perjanjian Oslo), tetapi pernah diduduki oleh Israel setelah perang tahun 1967.

2. Byblos

Byblos yang ada di Lebanon merupakan kota pelabuhan yang terletak di pantai Mediterania. Penelitian menunjukkan bahwa Kota Byblos telah dihuni manusia sejak zaman Neolitikum pada 8800—7000 SM. Kota ini memiliki nama lain Jubayl. Ketika masa Mesir kuno, kota ini menjadi pusat perdagangan, yaitu pengekspor utama kayu cedar ke Mesir, dilansir Oldest. Pada 1984 Byblos ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia Unesco.

3. Fayoum

Kota Fayoum modern (Explore of Fayoum)

Masyarakat umum tahu bahwa Mesir punya sejarah peradaban yang sangat panjang. Pada masa lampau, Kota Fayoum di Mesir merupakan wilayah yang subur sebab berada tidak jauh dari Sungai Nil. Diperkirakan, manusia telah menghuni kota ini sejak sekitar 7200 SM. Sementara, komunitas pertanian pertama di kota ini didirikan sekitar 5200 SM.

4. Susa, Iran

Susa merupakan penyebutan kuno dari Kota Shush di Iran. Awal dari kota ini adalah sebuah pemukiman kecil yang ada pada sekitar tahun 7000 SM. Pemukiman tersebut berkembang dan menjadi perkotaan pada 4200 SM.

Salah satu ikon dari kota ini adalah situs Pernikahan Susa. Pada masa Alexander Agung, penguasa Makedonia, dia mengatur pernikahan lebih dari 10.000 orang Makedonia dan Persia pada 324 SM. Hal ini dilakukan demi menyatukan budaya Makedonia dan Persia.

5. Plovdiv

Plovdin di Bulgaria dinilai sebagai salah satu kota tertua di dunia. Sisa pemukiman manusia di kota ini diketahui sudah ada pada 7000 SM. Pada tahun 46 SM, bangsa Romawi merebut Plovdiv kemudian membangun jalan, menara, dan saluran air. Namun, reruntuhan kuno masih cukup banyak ditemukan di kota tersebut.

Rekomendasi