Profil Kemal Kilicdaroglu, Kandidat Presiden Turki Saingan Erdogan

| 15 May 2023 17:05
Profil Kemal Kilicdaroglu, Kandidat Presiden Turki Saingan Erdogan
Profil kemal kilicdaroglu (Twitter)

ERA.id - Selama lebih dari satu dekade, pemimpin oposisi Turki, Kemal Kilicdaroglu berjuang di bawah bayang-bayang rivalnya, Recep Tayyip Erdogan. Artikel ini akan membahas profil Kemal Kilicdaroglu dan beberapa fakta menarik seputar nya.

Kemal dianggap sebagai antithesis dari gaya bombastis kepemimpinan Erdogan, dan oleh karena menurut pandangan umum diprediksi kalah lagi dalam pemilihan umum.

Beberapa pendukung oposisi bahkan khawatir bahwa pencalonan Kamal akan mencapai kekalahan, dari Erdogan dinilai menang mengatasi krisis ekonomi dan gempa multisegmen mematikan di tenggara Turki pada bulan Februari 2023 lalu.

Elektabilitas Calon Presiden Turki (Twitter)

Profil Kemal Kilicdaroglu

Kemal Kilicdaroglu lahir pada 17 Desember 1948 di Ballıca, Provinsi Tunceli, Turki adalah seorang ekonom dan politisi Turki yang telah memimpin Partai Rakyat Republik (Cumhuriyet Halk Partisi; CHP) sejak tahun 2010.

Kılıçdaroğlu lahir dengan nama Kemal Karabulut di desa Ballıca di Tunceli, sebuah provinsi di Turki timur yang mayoritas penduduknya adalah suku Alevi (komunitas Muslim Anatolia yang dianggap heterodoks oleh mayoritas Sunni di Turki) dan Kurdi.

Kemal dan saudara kembarnya, Adil, adalah anak keempat dan kelima dari tujuh bersaudara. Ayah mereka bernama Kamer, adalah seorang pegawai negeri pendaftaran tanah. Sementara ibu mereka, Yemuş, adalah seorang ibu rumah tangga.

Pada tahun 1930-an, Kamer dan Yemuş, yang merupakan orang Alevis, menyaksikan penindasan brutal pemerintah Turki terhadap pemberontakan di provinsi Tunceli. Kejadian tersebut terjadi setelah negara dengan paksa mencoba membawa provinsi tersebut di bawah kendali militer.

Kemudian pada tahun 1950-an, keluarga Kemal mengganti nama keluarga mereka dari Karabulut menjadi Kılıçdaroğlu. Karena pekerjaan Ayahnya, Kemal lantas berpindah-pindah tempat tinggal beberapa kali selama masa kecil.

Kemal dikenal sebagai seorang siswa yang terpelajar dan piawai memainkan saz, sebuah kecapi tradisional berleher panjang. Kemal waktu kecil bercita-cita untuk menjadi seorang guru.

Pada tahun 1967, Kemal lulus dari sekolah menengah atas dengan peringkat teratas di kelasnya. Dia belajar ekonomi dan keuangan di Akademi Ekonomi dan Ilmu Komersial Ankara (sekarang menjadi bagian dari Universitas Gazi) dan lulus pada tahun 1971.

Kemal kemudian bekerja untuk Kementerian Keuangan dan Perbendaharaan Turki. Setelah beberapa tahun bekerja, ia menikahi Selvi Gündüz, seorang kerabat dari kampung halamannya. Mereka kemudian membesarkan dua anak perempuan dan satu anak laki-laki.

Di kementerian Kemal menjadi kepala departemen Administrasi Pendapatan pada tahun 1983. Lalu pada tahun 1992, ia diangkat sebagai direktur Lembaga Asuransi Sosial (sekarang disebut Lembaga Jaminan Sosial).

Kemal mendapatkan reputasi atas keandalan dan perhatiannya terhadap detail dan dijuluki sebagai "Birokrat Tahun Ini" oleh sebuah majalah Turki pada tahun 1994. Pada tahun 1999, di usia awal 50-an, Kemal pensiun dari dunia administrasi.

Karir Politik Kemal Kilicdaroglu

Tahun pengunduran diri Kılıçdaroğlu bertepatan dengan momen penting dalam politik masyarakat Turki. Keamanan negara telah stabil setelah periode kekerasan politik dan pemberontakan Kurdi, tetapi militer terus menegaskan pengaruhnya.

Ekonomi Turki, yang dibebani oleh utang dan inflasi, mengalami liberalisasi yang cepat dan menguntungkan kelas menengah yang sedang tumbuh di Anatolia (yang konservatif dengan mengorbankan elit perkotaan sekuler di pusat-pusat keuangan dan bisnis Turki).

Sementara itu, korupsi pemerintah selama bertahun-tahun mencapai puncaknya pada tahun 1999, ketika Turki tidak siap menghadapi gempa bumi İzmit, yang mengakibatkan kehancuran besar-besaran dan banyak korban jiwa.

Hingga kemudian Kemal memiliki ide-ide untuk melakukan reformasi dan berusaha memasuki dunia politik. Namun pada mulanya, Kemal gagal masuk dalam daftar kandidat Partai Kiri Demokratik (DLP) yang berkuasa.

Namun, setelah krisis keuangan pada tahun 2001, pengalamannya di tingkat senior pemerintahan dan publikasi-publikasinya yang menyerukan restrukturisasi ekonomi dan birokrasi membuatnya menjadi kandidat yang menarik bagi Partai Rakyat Republik (CHP).

Selain profil kemal kilicdaroglu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi