Korea Utara Luncurkan Satelit Mata-Mata, AS Serukan Rapat PBB

| 02 Jun 2023 11:24
Korea Utara Luncurkan Satelit Mata-Mata, AS Serukan Rapat PBB
Stasiun Peluncuran Satelit Sohae, Korea Utara, dalam foto satelit diambil pada Sabtu (17/9/2016) disiarkan oleh 38 Utara. (38 North)

ERA.id - Amerika Serikat (AS) menyerukan pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada hari Jumat (2/6/2023) untuk membahas upaya peluncuran satelit Korea Utara minggu ini, kata juru bicara misi AS untuk PBB seperti dilansir dari CNA.

Peluncuran satelit pada hari Rabu (31/5/2023) kemarin adalah upaya Korea Utara untuk menempatkan satelit mata-mata pertamanya ke luar angkasa, tetapi berakhir dengan kegagalan setelah pendorong dan muatannya jatuh ke laut.

Washington mengatakan peluncuran satelit itu menggunakan teknologi rudal balistik yang melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan PBB dan berisiko mengacaukan situasi keamanan di kawasan itu dan sekitarnya.

Nate Evans, juru bicara misi AS untuk PBB, mengatakan AS telah menyerukan pertemuan terbuka tentang peluncuran tersebut, yang berarti prosesnya akan disiarkan langsung.

Diplomat PBB lainnya mengatakan panggilan itu dilakukan bersama dengan Albania, Ekuador, Prancis, Jepang, Malta, dan Inggris.

Rekomendasi