Rusia Luncurkan Penghargaan Sastra untuk Blogger Militer yang Tewas Akibat Ledakan

| 04 Jun 2023 18:05
Rusia Luncurkan Penghargaan Sastra untuk Blogger Militer yang Tewas Akibat Ledakan
Moxim Fomin, blogger militer Rusia yang tewas akibat ledakan bom. (Istimewa)

ERA.id - Rusia meluncurkan Penghargaan Sastra Nasional pada hari Sabtu (3/6/2023) yang mengakui keunggulan dalam prosa militer dan jurnalisme perang sebagai penghormatan kepada blogger militer Maxim Fomin, yang tewas dalam ledakan bom pada bulan April lalu.

"Peluncuran Penghargaan Sastra All-Rusia yang dinamai Maxim Fomin, juga dikenal sebagai Vladlen Tatarsky, diumumkan di Lapangan Merah," demikian pernyataan dari kantor pers anggota parlemen Rusia Dmitry Kuznetsov seperti dilansir dari Sputnik.

Fomin meninggal ketika alat peledak yang dibungkus dalam patung meledak di sebuah kafe di St. Petersburg pada tanggal 2 April selama acara yang diadakan oleh blogger tersebut. Lebih dari 30 orang terluka akibat insiden itu.

Komite Investigasi Rusia menahan Daria Trepova karena diduga terlibat dalam ledakan tersebut. Komite Anti-Terorisme Nasional menyatakan bahwa layanan khusus Ukraina dan pendukung Yayasan Anti-Korupsi Alexei Navalny (yang dilarang di Rusia sebagai organisasi ekstremis dan agen asing) menjadi dalang di balik bom tersebut.

Rekomendasi