China Ajak Delegasi Anggota Liga Arab Kunjungi Xinjiang untuk Lihat Kehidupan Muslim Uighur

| 06 Jun 2023 09:00
China Ajak Delegasi Anggota Liga Arab Kunjungi Xinjiang untuk Lihat Kehidupan Muslim Uighur
Ilustrasi Muslim Uighur (Dok dancingturtle.org)

ERA.id - Sebanyak 34 delegasi dari 16 negara anggota Liga Arab melakukan kunjungan ke Daerah Otonomi Xinjiang, China, pada 30 Mei hingga 2 Juni 2023.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin di Beijing, Senin, menyebutkan mereka mengunjungi masjid dan lembaga pendidikan Islam di Kashgar dan Urumqi selama berada di daerah otonomi setingkat provinsi di wilayah barat laut China itu.

"Mereka juga melaksanakan shalat di masjid bersama penduduk setempat," ujarnya dikutip dari Antara.

Menurut dia, kunjungan tersebut membuka mata para delegasi dari negara-negara anggota Liga Arab mengenai kehidupan harmonis di daerah yang banyak dihuni etnis minoritas Muslim Uighur itu.

"Warga Muslim setempat juga bebas menjalankan hak dan kewajiban keagamaan mereka sesuai dengan hukum yang berlaku," kata Wang.

Ia menambahkan bahwa China akan selalu menyambut warga dari semua negara yang ingin mengunjungi dan melihat secara langsung kehidupan warga Xinjiang yang makmur, stabil, dan harmonis.

Ke-16 negara anggota Liga Arab yang mengirimkan delegasinya itu di antaranya Mesir, Arab Saudi, Mesir, Suriah, dan Aljazair.

Perwakilan tetap Mesir di Liga Arab Mohamed Moustafa Kamal Mohamed sebagaimana dikutip media China mengaku sangat senang melihat masjid bersejarah di Kashgar yang terpelihara dengan baik dan dilengkapi dengan fasilitas modern.

Rekomendasi