Kapal Penelitian China Pergi dari Laut China Selatan setelah Diskusi dengan AS

| 06 Jun 2023 17:08
Kapal Penelitian China Pergi dari Laut China Selatan setelah Diskusi dengan AS
Ilustrasi kapal China. (Istimewa)

ERA.id - Sebuah kapal penelitian China dan pengawalnya yang beroperasi selama hampir sebulan di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Vietnam di Laut China Selatan, meninggalkan perairan itu pada Senin (5/6/2023) malam, tepat setelah pertemuan tingkat tinggi antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Kapal China Xiang Yang Hong 10 mulai berlayar di ZEE Vietnam pada 7 Mei, beberapa kali ditemani sekitar satu lusin kapal, dan secara teratur melintasi ladang gas dan minyak yang dioperasikan oleh perusahaan Rusia, menurut data pelacakan kapal.

Pada hari Senin, setelah pejabat senior AS dan China mengadakan pembicaraan di Beijing yang disebut konstruktif oleh kedua belah pihak, kapal China dan lebih dari setengah lusin kapal pengawalnya memulai perjalanan mereka kembali ke pulau Hainan China, meninggalkan ZEE Vietnam sekitar tengah malam.

Ketika ditanya tentang pergerakan kapal-kapal tersebut, Kementerian Luar Negeri China tidak berkomentar mengenai kepulangan ke Hainan.

"Kapal penelitian China yang melakukan kegiatan penelitian normal di perairan maritim di bawah yurisdiksi China adalah sah dan layak. Isu memasuki ZEE negara lain tidak ada," katanya dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari CNA.

Rekomendasi