Misi Pencarian Kapal Selam OceanGate Temui Titik Terang, Pesawat Kanada Berhasil Deteksi Suara Dentuman

| 21 Jun 2023 16:35
Misi Pencarian Kapal Selam OceanGate Temui Titik Terang, Pesawat Kanada Berhasil Deteksi Suara Dentuman
OceanGate (Dok: Istimewa)

ERA.id - Misi pencarian kapal selam OceanGate atau kapal selam wisata yang hilang kontak menemui titik terang. Sebuah pesawat Kanada yang ikut melakukan pencarian berhasil menangkap suara dentuman yang diduga berasal dari OceanGate.

Menurut laporan Rolling Stone, pesawat Kanada berhasil mendeteksi suara dentuman dalam interval 30 menit yang berasal dari area hilangnya kapal selam Titan milik OceanGate. Dentuman itu bahkan masih terdengar empat jam kemudian.

"P8 mengerahkan sonobuoys, yang melaporkan adanya kontak dalam posisi yang dekat dengan posisi marabahaya. P8 mendengar suara benturan di area tersebut setiap 30 menit. Empat jam kemudian sonar tambahan dikerahkan dan dentuman masih terdengar," kata pernyataan Pusat Operasi Nasional Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Selain itu, dalam pernyataan itu juga disebutkan bahwa Pusat Koordinasi Penyelamatan Bersama sedang berupaya untuk menemukan kapal selam Titan itu. Pihaknya juga akan menggunakan alat yang bisa dioperasikan dari jarak jauh untuk membantu pencarian.

"Pusat Koordinasi Penyelamatan Bersama sedang bekerja untuk menemukan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh melalui organisasi mitra untuk kemungkinan membantu," ujarnya.

Laporan sebelumnya menyebutkan pencarian kapal selam yang hilang telah menyatakan bahwa kapal penyelamat berawak Angkatan Laut hanya dapat turun sekitar 2.000 kaki di bawah air, dan jika penyelam ditemukan lebih dekat dengan perkiraan kedalaman 13.000 kaki dari reruntuhan Titanic, drone bawah air, atau jarak jauh, kendaraan yang dioperasikan, akan diperlukan untuk menjangkau mereka.

Sayangnya Penjaga Pantai Boston menolak mengomentari laporan suara dentuman itu. Begitu pula Pusat Koordinasi Penyelamatan Gabungan di Halifax, Nova Scotia. Komando Pasukan Armada AS, dan DHS tidak menanggapi permintaan komentar.

Sebelumnya Penjaga Pantai Amerika Serikat mengatakan dalam sebuah pernyataan di Twitter Rabu pagi bahwa pesawat pengintai Kanada yang mencari kapal selam yang hilang "mendeteksi suara bawah air di area pencarian."

"Dilaporkan bahwa pada pukul 2 pagi waktu setempat di lokasi sonar mendeteksi potensi 'suara ketukan' di lokasi, yang menyiratkan bahwa kru mungkin hidup dan memberi sinyal," bunyi pernyataan itu.

Penjaga Pantai Boston, yang memimpin upaya penyelamatan, tidak segera menjawab permintaan komentar tentang suara ketukan yang dilaporkan.

Menurut Penjaga Pantai, Titan kehilangan kontak dengan kapal pendukungnya satu jam 45 menit setelah menyelam hari Minggu. Pencarian besar-besaran dan berpacu dengan waktu telah terjadi, karena kapal selam dilaporkan hanya memiliki oksigen selama 96 jam saat memulai perjalanannya.

Dalam sebuah pernyataan, OceanGate mengatakan, "Seluruh fokus kami adalah pada anggota kru di kapal selam dan keluarga mereka. Kami sedang mengeksplorasi dan memobilisasi semua opsi untuk membawa kru kembali dengan selamat,".

Diketahui empat penumpang di dalam kapal selam bersama seorang pilot telah diidentifikasi sebagai pengusaha Pakistan Shahzada Dawood dan putranya, Suleman, Pakar Titanic Prancis Paul-Henri Nargeolet, dan Hamish Harding, ketua Action Aviation yang berbasis di Dubai.

Rekomendasi