Jadi Tamu Undangan, Anies Baswedan Pamer Foto Bareng Pangeran MBS

| 30 Jun 2023 16:09
Jadi Tamu Undangan, Anies Baswedan Pamer Foto Bareng Pangeran MBS
Anies Baswedan dan Pangeran MBS (Instagram Anies Baswedan)

ERA.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu putra mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman al-Saud (MBS) di Istana Mina, Mekkah pada Kamis (29/6).

Anies merupakan salah satu jamaah haji yang mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi. Momen tersebut dibagikan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan.

Dalam foto yang diunggahnya, Anies yang mengenakan baju batik dan peci berwarna hitam terlihat sedang bersalaman dengan Pangeran MBS.

"Kemarin 29 Juni 2023, Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman al-Saud (MBS) mengundang para tamu raja untuk makan siang bersama di Istana Mina, Mekkah," kata Anies dikutip dari akun Instagram pribadinya pada Jumat (30/6/2023).

Menurutnya, seluruh jamaah haji yang merupakann tamu undangan dari Kerajaan Arab Saudi menginap di Mina Hospitality Palace. Bangunan itu hanya berjarak 10 menit dari Istana Raja di Mina.

Dalam pertemuan itu, Anies menyampaikan terima kasih karena sudah diundang langsung dari Kerajaan Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Dia juga menyampaikan salam kepada Raja Salman dan mendoakan sang raja diberi kesehatan dan kemakmuran.

"Saat berjumpa dengan Putera Mahkota Pangeran MBS, kami sampaikan ucapan terima kasih atas kehormatan untuk bisa berangkat haji atas undangan dari Kerajaan Arab Saudi dan atas pelayanan yang luar biasa selama tinggal di Makkah ini," kata Anies.

"Kami titipkan salam hormat untuk ayahanda, Raja Salman, semoga beliau diberikan kesehatan, dipanjangkan umurnya," imbuhnya.

Selain itu, Anies juga menyampaikan agar Pangeran MBS bisa segera kembali berkunjung ke Indonesia. Dia mengatakan, hubungan bilateral dua negara harus tetap dijaga.

"Kepada Pangeran MBS kami sampaikan juga ucapan selamat, semoga bisa terus menjalankan tugas dengan baik. Semoga bisa kembali berkunjung ke Indonesia, kita ingin makin banyak kerja sama antar Indonesia-Arab Saudi, yang makin mengeratkan persaudaraan antar kedua bangsa yang sudah amat panjang," kata Anies.

Lebih lanjut, Anies menyampaikan bahwa seluruh jamaah haji yang berada di Tanah Suci sejatinya merupakan tamu Allah yang tengah menjawab panggilan Tuhan.

"Sejatinya haji adalah “panggilan” dari Allah swt. Kami semua adalah Tamu Allah, jamaah haji yg sedang berada di Mina ini adalah Tamu Allah. Kami semua menjawab 'panggilan' itu dengan talbiyah: Labaik Allahuma Labaik; aku datang memenuhi panggilan-Mu, ya Allah," kata Anies.

Diketahui, Anies bersama istrinya Fery Farhati bertolak ke Arab Suadi untuk melaksanakan ibadah haji pada 22 Juni 2023.

Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu sempat bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah yang juga bacapres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo di Mina Hospitality Palace. Keduanya bertemu saat hendak berangkat ke Arafah.

Selain itu, Anies juga bertemu dengan Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani usasi melaksanakan lempar jumroh di Mina. 

Rekomendasi