Swedia Bakal Kaji Ulang Aturan Larangan Nodai Al Quran

| 10 Jul 2023 08:30
Swedia Bakal Kaji Ulang Aturan Larangan Nodai Al Quran
Swedia pembakaran al quran (freepik)

ERA.id - Pemerintah Swedia mempertimbangkan aturan yang melarang warga negaranya menodai Al Quran. Hal ini menyusul sejumlah insiden pembakaran kitab suci umat Islam itu baru-baru ini.

Menurut surat kabar setempat Aftonbladet, Menteri Kehakiman Gunnar Strommer mengatakan bahwa pihak berwenang Swedia sedang meninjau apakah diperlukan perubahan dalam aturan terkait untuk menghentikan aksi penodaan tersebut.

Bulan lalu, seseorang bernama Salwan Monika membakar salinan Al Quran di bawah perlindungan polisi di depan Masjid Stockholm di Swedia.

Tindakan provokatif yang dilakukan pria itu terjadi bersamaan dengan perayaan Iduladha, salah satu hari besar yang dirayakan umat Islam di seluruh dunia.

Insiden itu menimbulkan kecaman luas dari dunia Islam, di antaranya Turki, Yordania, Palestina, Arab Saudi, Maroko, Irak, Iran, Pakistan, Senegal, dan Mauritania.

Sebelumnya pada Januari, seorang politisi sayap kanan juga membakar salinan Al Quran di depan Kedutaan Besar Turki di Swedia.

Menurut Strommer, tindakan semacam itu menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional Swedia karena menimbulkan kerusakan pada hubungan dengan negara-negara Islam dan memprovokasi serangan teroris terhadap negara itu.

"Atas alasan tersebut, sangat masuk akal untuk meninjau situasi hukumnya," kata Strommer, dilansir Antara.

Rekomendasi