7 Orang Tewas dan Ribuan Dievakuasi Akibat Banjir dan Longsor di Korea Selatan

| 15 Jul 2023 13:30
7 Orang Tewas dan Ribuan Dievakuasi Akibat Banjir dan Longsor di Korea Selatan
Penampakan banjir akibat hujan deras di Korea Selatan. (Istimewa)

ERA.id - Hujan deras hari ketiga di Korea Selatan menyebabkan tanah longsor dan meluapnya bendungan. Tujuh orang tewas, tiga hilang, dan ribuan dievakuasi, kata para pejabat pada Sabtu (15/7/2023).

Hingga pukul 11.00 waktu setempat, 1.567 orang telah dievakuasi secara nasional, menurut Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan, dan jumlahnya dapat meningkat karena air terus meluap dari bendungan di provinsi Chungcheong Utara.

Hingga pukul 09.00 waktu setempat, lebih dari 2.700 ton air per detik mengalir ke Bendungan Goesan, jumlah maksimum yang dapat dikeluarkannya.

Korea Railroad Corp menghentikan semua kereta biasa dan beberapa kereta cepat karena tanah longsor, banjir, dan batu yang jatuh mengancam keselamatan penumpang.

Sebelumnya, sebuah kereta api tanpa penumpang tergelincir pada Jumat (14/7/2023) malam ketika tanah longsor menutupi rel di provinsi Chungcheong Utara, kata kementerian transportasi seperti dilansir dari CNA.

Dalam pertemuan dengan lembaga pemerintah pada hari Sabtu, Perdana Menteri Han Duck-soo meminta militer untuk secara aktif bergabung dalam kegiatan penyelamatan dan bekerja sama dengan pejabat pemerintah untuk memobilisasi peralatan dan tenaga.

Rekomendasi