Lakukan Pembicaraan via Telepon, Erdogan dan Zelenskyy Bahas Kelanjutan Kesepakatan Pangan Laut Hitam

| 22 Jul 2023 14:15
Lakukan Pembicaraan via Telepon, Erdogan dan Zelenskyy Bahas Kelanjutan Kesepakatan Pangan Laut Hitam
Arsip foto - Sebuah truk terlihat di terminal gandum selama panen jelai di wilayah Odesa, saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut, Ukraina 23 Juni 2022. ANTARA

ERA.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk membahas kelanjutan kesepakatan pangan Laut Hitam.

"Kedua pemimpin membahas lebih dalam perpanjangan kesepakatan koridor pangan Laut Hitam selama pembicaraan telepon yang dilakukan atas permintaan Presiden  Zelenskyy," kata Direktorat Komunikasi Turki dalam Twitter.

Dalam perbincangannya itu, Erdogan menyatakan Turki telah melakukan "upaya-upaya intensif" dalam menjaga perdamaian.

Rusia pekan ini menarik diri dari perjanjian ekspor pangan Laut Hitam karena menilai beberapa bagian dari kesepakatan yang berkaitan dengan kepentingan Rusia belum terpenuhi hingga kini.

Perjanjian yang ditandatangani Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina pada Juli tahun lalu tersebut ditujukan untuk melanjutkan ekspor pangan dari tiga pelabuhan Laut Hitam Ukraina yang sempat terhenti karena perang Ukraina.

Kesepakatan tersebut telah diperbarui beberapa kali dan diperpanjang selama dua bulan pada 18 Mei.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, keempat pihak membentuk Pusat Koordinasi Bersama tahun lalu di Istanbul untuk mengawasi proses pengiriman ekspor pangan dari Laut Hitam.

Rekomendasi