Putin Telepon Jokowi Bahas G20 dan Klarifikasi Soal Insiden di Laut Hitam

| 03 Nov 2022 06:00
Putin Telepon Jokowi Bahas G20 dan Klarifikasi Soal Insiden di Laut Hitam
Jokowi dan Putin (Dok Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Rusia Vladimir Putin kembali melakukan pembicaraan telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), menjadi yang ketiga sejak Mei lalu.

Melansir situs resmi Kremlin, masalah KTT G20 mendatang pada 15-16 November di Bali dibahas kedua pemimpin dalam pembicaraan kali ini.

"Pihak Rusia sangat menghargai kerja konstruktif dan depolitisasi Kepresidenan G20 Indonesia pada isu-isu topikal seperti penguatan energi dan ketahanan pangan, menerapkan transisi energi yang seimbang dan transformasi digital ekonomi global, dan meningkatkan sistem perawatan kesehatan," sebut Kremlin seperti dikutip VOI.id pada Rabu (2/11/2022).

Dikatakan, posisi konsisten Presiden Joko Widodo secara pribadi dalam mempromosikan agenda pemersatu dalam G20 juga menjadi perhatian.

Dalam konteks memastikan keamanan pangan global, Presiden Vladimir Putin menguraikan pendekatan mendasar Rusia, untuk menerapkan perjanjian paket Istanbul mengenai ekspor gandum Ukraina dari pelabuhan Laut Hitam, membuka blokir ekspor produk pertanian dan pupuk Rusia ke pasar dunia.

"Presiden Putin memberi tahu tentang situasi yang berkembang sebagai akibat dari penggunaan koridor kemanusiaan laut oleh rezim Kyiv, untuk sabotase terhadap infrastruktur dan kapal Armada Laut Hitam di Sevastopol," terang Kremlin.

Rekomendasi