Gudang Petasan di Thailand Meledak, 9 Orang Tewas dan 115 Luka-luka

| 30 Jul 2023 10:30
Gudang Petasan di Thailand Meledak, 9 Orang Tewas dan 115 Luka-luka
Ilustrasi ledakan. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

ERA.id - Gudang petasan di Thailand meledak pada Sabtu (29/7/2023), menewaskan sembilan orang dan melukai lebih dari 100 orang.

Ledakan terjadi di Sungai Kolok, Provinsi Narathiwat, dan diperkirakan akibat pengelasan selama pekerjaan konstruksi di gedung tersebut.

"Sebuah gudang yang menyimpan petasan di Sungai Kolok meledak sore ini, jumlah terbaru sembilan tewas dan 115 luka-luka," kata Gubernur Narathiwat Sanon Pongaksorn kepada AFP.

"Api sekarang dapat dikendalikan. Penyelidikan awal menunjukkan penyebabnya adalah kesalahan teknis selama proses pengelasan baja, karena bangunan sedang dibangun," lanjutnya.

Rekaman di media lokal menunjukkan kepulan asap besar membubung ke udara dan banyak toko, rumah, dan kendaraan rusak parah akibat kekuatan ledakan itu.

"Saya sedang menelepon dalam rumah, lalu tiba-tiba terdengar suara keras menggelegar dan seluruh rumah saya berguncang," kata saksi mata Seksan Taesen yang tinggal 100 meter dari gudang kepada AFP.

"Lalu saya melihat atap saya terbuka lebar. Saya melihat ke luar, rumah runtuh, dan orang-orang tergeletak di mana-mana. Itu adalah kekacauan."

Thailand diketahui memiliki catatan keselamatan yang buruk di sektor konstruksi dan sering terjadi kecelakaan mematikan. Bulan lalu, dua orang tewas ketika sebuah jembatan jalan yang sedang dibangun di Bangkok runtuh.

Rekomendasi