Buat Rakit Petasan Untuk Lebaran, Dua Warga Prabolinggo Jawa Timur Terkena Ledakan Alami Luka Berat

| 26 Mar 2024 20:45
Buat Rakit Petasan Untuk Lebaran, Dua Warga Prabolinggo Jawa Timur Terkena Ledakan Alami Luka Berat
Bahan merakit petasan (Era.id/Puan Ramadhan)

ERA.id - Dua warga Prabolinggo Jawa Timur menjadi korban ledakan saat sedang marakit petasan sendiri untuk persiapan momen Hari Raya Idulfitri 2023. Mereka pun mengalami luka berat

Hal itu disampaikan oleh Kasih Humas Polres Prabolinggo, Iptu Merdhania Pravita Shanty menyebut dua orang korban tersebut Joko (36) dan keponakannya MF (14). Keduanya warga Dusun Kranggan, Desa Palang Besi, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Iptu Merdhania menyampaikan peristiwa ledakan itu terjadi pada, Sabtu, 23 Maret 2023 sekira pukjl 23.30 WIB. Saat kejadian, Joko tengah meracik bubuk mesiu dan dimasukkan ke sebuah lubang kertas yang sudah di sediakan di rumahnya.

Kemudian datang keponakannya Fahrizal untuk melihat bagaimana proses pembuatan puluhan petasan itu. Namun tiba-tiba petasan yang mereka rakit meledak.

“Petasan yang dibuat tersebut meledak dan mengenai tangan Joko sampai patah di bagian jari sebelah kiri dan mengenai sebagian tubuh dari Joko,” kata Pravita, Selasa (26/3/2024).

Akibatnya, api dari ledakan petasan tersebut juga mengenai tubuh keponakannya MF. Mereka pun langsung dilarikan ke Puskesmas Patalan dan kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Wonolangan, Dringu, Kabupaten Probolinggo.

Ia menyebut kedua korban mengalami luka bakar yang cukup berat. “Hasil koordinasi dengan dokter UGD Rumah Sakit Wonolangan bahwa luka bakar yang di alami Joko sekitar 56 persen dan jari tangannya sebagian juga hancur dan luka bakar yang di alami Muhammad Fahrizal sekitar 63 persen,” pungkasnya.

Rekomendasi