Kereta Kargo Tabrak Kereta Penumpang di Bangladesh, 17 Orang Tewas dan Ratusan Terluka

| 24 Oct 2023 11:10
Kereta Kargo Tabrak Kereta Penumpang di Bangladesh, 17 Orang Tewas dan Ratusan Terluka
Tabrakan kereta di Bangladesh (Dok: Istimewa)

ERA.id - Kecelakaan tragis terjadi di kota Bhairab, Bangladesh, Senin (23/10/2023) waktu setempat. Sebuah kereta kargo menabrak kereta penumpang dari belakang dan menyebabkan 17 orang tewas.

Menurut keterangan polisi, kereta kargo menabrak kereta penumpang dari arah belakang sehingga menyebabkan dua gerbong kereta penumpang tergelincir. Lebih dari 100 orang terluka dan 17 orang dinyatakan meninggal dunia dalam insiden tersebut.

"Tujuh belas jenazah telah ditemukan dan banyak yang terluka dibawa ke rumah sakit," kata Anowar Hossain, inspektur Polisi Kereta Api Dhaka, dikutip Al Jazeera, Selasa (24/10/2023).

Anowar mengatakan jumlah korban masih bisa bertambah seiring misi penyelamatan dan evakuasi masih berjalan. Dalam keterangannya, Anowar menyebut kereta barang melanggar sinyal sehingga tabrakan itu tidak bisa dihindari.

"Laporan awal menunjukkan kereta barang melanggar sinyalnya, sehingga menyebabkan tragedi tersebut," katanya.

Kepala Pemadam Kebakaran Mohammad Masud mengatakan banyak orang terjebak setelah tabrakan itu terjadi. Dia juga memastikan sebagian besar orang meninggal di tempat setelah tabrakan terjadi.

"Banyak orang terjebak di dalam setelah tabrakan. Ketika kejadian itu terjadi, sebagian besar orang meninggal saat itu," kata Mohammad Masud.

Tabrakan terjadi pada pukul 15:30 waktu setempat, ketika kereta barang yang menuju Chattogram menabrak dua gerbong belakang kereta penumpang Egarosindhur Godhuli Express tujuan Dhaka.

Dalam tayangan televisi lokal menunjukkan ratusan orang berkumpul di lokasi kejadian di mana tim penyelamat sedang memotong bagian gerbong untuk menyelamatkan orang-orang yang terluka dari dalamnya. Salah satu gerbong terlihat hancur dan terbalik.

Pihak berwenang Bangladesh telah meluncurkan penyelidikan formal mengenai penyebab kecelakaan itu. Sementara layanan kereta api dihentikan di seluruh wilayah setelah kecelakaan itu.

Kecelakaan kereta api tidak jarang terjadi di Bangladesh, sebagian besar disebabkan oleh perlintasan kereta api yang tidak diawasi, sinyal dan kondisi jalur yang buruk.

Pada bulan April, beberapa orang terluka setelah kereta penumpang tujuan Dhaka bertabrakan dengan kereta barang di Comilla, selatan Bhairab. Kecelakaan itu juga disebabkan oleh kesalahan sinyal.

Rekomendasi