Puluhan Tahun Dibungkam, Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Agensi J-Pop Ternama Akhirnya Terungkap

| 27 Oct 2023 19:35
Puluhan Tahun Dibungkam, Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Agensi J-Pop Ternama Akhirnya Terungkap
Johnny Kitagawa (Dok: Kyodoo News)

ERA.id - Kasus dugaan pelecehan seksual yang menyeret agensi besar di Jepang dalam industri J-Pop akhirnya terungkap. Sebanyak 478 laki-laki mengaku menjadi korban pelecehan seksual pendiri Johnny & Associates, Johnny Kitagawa. 

Kasus ini terungkap setelah Shimon Ishimaru membongkar tindakan yang dilakukan Kitagawa. Ishimaru yang bergabung dengan agensi itu pada tahun 1982 mulanya berharap mendapatkan karir bertabur bintang di kancah J-pop yang sangat populer. 

Selama tiga tahun di Johnny & Associates, Ishimaru menjadi anggota grup bernama Johnny's Junior. Dia diberi akses ke kamp pelatihan yang didambakan semua orang hanya dengan undangan dari Kitagawa sendiri, di mana pengusaha kuat itu tinggal di antara para peserta pelatihan.

Akan tetapi kerja keras Ishimaru menjadi mimpi buruk ketika Kitagawa datang ke kamarnya berulang kali untuk melakukan pelecehan seksual itu. Pria yang kini berusia 56 tahun itu mengaku diberi uang oleh Kitagawa setelah dilecehkan. 

“Setelah saya diserang, keesokan harinya dia memberi saya uang tunai. Jika saya ingat dengan benar, saya menerima 30.000 yen,” kata Ishimaru, dikutip CNA, Jumat (27/10/2023).

Meski mengalami pelecehan seksual, dia memilih untuk bungkam karena takut kariernya di industri J-Pop hancur. 

Setelah puluhan tahun bungkam, Ishimaru pun mengungkap kejadian mengerikan itu kepada publik. Lewat sebuah blog pribadinya pada Mei lalu, dia menceritakan semuanya dan menjadi anggota kelompok advokasi Johnny’s Sexual Assault Victims Association yang baru didirikan.

Korban Kitagawa mencapai ratusan orang

Johnny Kitagawa (Dok: instagram/sixtones_official
Johnny Kitagawa (Dok: instagram/sixtones_official)

Ishimaru lantas terkejut setelah mengungkap kejadian itu ke publik. Hal ini karena pada tanggal 30 September, 478 orang mengaku sebagai korban dari kejahatan Kitagawa, dan 325 orang telah mengajukan kompensasi.

Jumlah korban ini dibenarkan oleh agensi Jhonny’s yang saat ini dipegang oleh Noriyuki Higashiyama, mantan superstar di agensi milik Kitagawa menggantikan keponakannya, Julie Keiko Fujishima, yang mengundurkan diri bulan lalu setelah meminta maaf atas tindakan mendiang pamannya. 

Higashiyama mengakui bahwa dia mengetahui apa yang terjadi di tahun 80an tetapi tidak melakukan apa pun.

“Itu adalah topik terlarang, sesuatu yang kami hindari. Saya masih terlalu muda untuk mempunyai pengaruh apa pun,” katanya.

Lalu, kata Higashiyama, ia akan memberikan kompensasi kepada sejumlah korban meski menyadari hal itu tidak bisa menghapus luka dari para korban.

“Hari ini, saya akan melakukan apa yang saya bisa. Tidak mudah menyembuhkan hati yang patah. Kompensasi tidak akan menyelesaikan masalah. Kami akan menghapus nama (Johnny) dari semuanya,” ujarnya.

Kasus hukum bukan yang pertama kali 

Kasus hukum yang melibatkan Kitagawa ini bukan kali pertama yang terjadi. Pada awal tahun 1960-an, majalah gosip memuat tuduhan eksploitasi seksualnya, namun media arus utama menutup mata. 

“Pada tahun 1980-an, buku-buku diterbitkan. Pada tahun 2004, Johnny kalah dalam tuntutan hukum. Namun jaringan TV dan harian utama Jepang tidak menganggapnya sebagai berita penting,” kata Prof Kitatani, yang juga direktur Institute for Contents & Technology Integration di Kanazawa Institute of Technology.

Tim investigasi mewawancarai 41 orang dan menemukan fakta bahwa Kitagawa mulai melakukan pelecehan seksual terhadap anak laki-laki pada tahun 1950an, bahkan sebelum lembaga tersebut didirikan. Dia melakukannya lagi dari tahun 1970an hingga tahun 2010an.

Penyidik yang terdiri dari mantan jaksa agung, psikiater, spesialis trauma anak, dan enam pengacara menemukan Johnny & Associates tidak mengambil tindakan yang tepat, seperti menyelidiki apakah tuduhan pelecehan seksual terhadap pendirinya benar atau tidak.

Meski demikian, Kitagawa tidak didakwa atas kejahatan apa pun sampai ia meninggal pada tahun 2019 dalam usia 87 tahun.

Kitagawa orang berpengaruh di industri hiburan Jepang

Johnny Kitagawa (Dok: instagram/arashi_5_official)
Johnny Kitagawa (Dok: instagram/arashi_5_official)

Pada tahun 1962, Kitagawa, yang dianggap sebagai raja bisnis pertunjukan Jepang, mendirikan perusahaan tersebut, yang kemudian menjadi salah satu agensi bakat paling sukses di negara ini.

Dia meluncurkan boyband demi boyband yang menjadi nama rumah tangga Jepang, termasuk Arashi, SMAP dan SixTones.

Nama Kitagawa bahkan tercatat dalam Guinness Book of World Records karena memiliki lebih dari 200 lagu hits nomor satu di Jepang antara tahun 1974 dan 2010.

Menurut Profesor Kenji Kitatani, mantan wakil presiden raksasa hiburan Sony, perusahaan Kitagawa juga dikenal sebagai Johnny's, merupakan salah satu dari tiga agensi yang memiliki hubungan sangat kuat dengan sponsor, jaringan televisi, perusahaan pementasan, dan industri hiburan lainnya. 

“Selama bertahun-tahun, di setiap acara TV, menjadi sebuah keharusan untuk menampilkan setidaknya salah satu talenta atau artis Johnny di dalamnya. Jika tidak, akan sangat sulit untuk memasarkan konten tersebut. Johnny's terus berkembang selama 40 tahun,” kata Prof Kenji Kitatani.

Perusahaan ganti nama dan ditutup

Sejak kejadian itu menghebohkan publik, Johnny & Associates telah berganti nama menjadi Smile Up sejak 17 Oktober, sebagai upaya perusahaan untuk menjauhkan diri dari Kitagawa.

Meski berganti nama, perusahaan tersebut pada akhirnya akan dibubarkan ketika kompensasi kepada korban telah selesai. Para talenta akan dipindahkan ke agensi terpisah, yang rencananya akan didirikan oleh Higashiyama nanti.

Prof Kitatani mengatakan bahwa terungkapnya pelecehan tersebut, meski membutuhkan waktu puluhan tahun untuk terungkap, merupakan hasil yang positif.

“Ini pertama kalinya di Jepang kejahatan gelap dan negatif yang dilakukan oleh salah satu dari tiga lembaga besar ini terungkap. Oleh karena itu, kesimpulan saya, ini sebenarnya lebih baik bagi industri,” ujarnya.

Rekomendasi