Kunjungi Gaza Pertama Kali Sejak Diblokade Israel, Petinggi UNRWA: Semua Orang Minta Air dan Makanan

| 02 Nov 2023 13:39
Kunjungi Gaza Pertama Kali Sejak Diblokade Israel, Petinggi UNRWA: Semua Orang Minta Air dan Makanan
Petinggi UNRWA kunjungi Gaza (Dok: Anadolu/Hani Alshaer)

ERA.id - Komisaris Jenderal Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), Philippe Lazzarini akhirnya bisa memasuki Gaza sejak kawasan itu diblokade oleh Israel. Philippe menggambarkan situasi di Gaza 'belum pernah terjadi sebelumnya'.

"Ini pertama kalinya saya diizinkan masuk sejak awal konflik yang mengrikan ini, hampir empat minggu lalu. Sekala tragedi ini belum pernah terjadi sebelumnya," kata Philippe Lazzarini, dikutip Anadolu, Kamis (2/11/2023).

Selama di Gaza, Philippe melakukan kunjungan ke sekolah yang dikelola UNRWA di Rafah, selatan Gaza, yang digunakan sebagai tempat perlindungan bagi warga Palestina. Philippe mengatakan kondisi di sekolah itu sangat penuh dan kesulitan yang dirasakan di luar dugaannya.

“Tingkat kesusahan dan kondisi hidup yang tidak sehat sungguh di luar pemahaman. Semua orang hanya meminta air dan makanan,” katanya.

Philippe mencatata sedikitnya 70 staf UNRWA tewas di Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Dalam pernyataan sebelumnya, UNRWA mengatakan bahwa lebih dari 670.000 orang berlindung di hampir 150 instalasi UNRWA yang penuh sesak di seluruh Gaza.

Tentara Israel telah memperluas serangan udara dan daratnya di Jalur Gaza, yang telah mengalami serangan udara tanpa henti sejak kelompok Palestina Hamas melancarkan serangan mendadak pada 7 Oktober.

Lebih dari 10.300 orang telah tewas dalam konflik tersebut, termasuk setidaknya 8.796 warga Palestina dan lebih dari 1.538 warga Israel, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Rekomendasi