Kunjungi Israel dan Yordania, Menlu Jepang Bakal Singgung Masalah Bantuan ke Gaza

| 02 Nov 2023 15:30
Kunjungi Israel dan Yordania, Menlu Jepang Bakal Singgung Masalah Bantuan ke Gaza
Jepang bertemu Israel (Dok: X/@Kamikawa_Yoko)

ERA.id - Menteri Luar Negeri Jepang, Yoko Kamikawa, akan melakukan kunjungan ke Israel dan Yordania pada Jumat (3/11/2023). Selama kunjungan itu, Yoko akan menemui rekan-rekannya di Palestina untuk membahas bantuan ke Jalur Gaza.

Yoko Kamikawa dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen selama kunjungannya tersebut. Kunjungan ini terjadi selama krisis di Gaza semakin parah usai Israel menyerang kamp pengungsian Jabalia.

"Saya berharap dapat mendiskusikan bagaimana menanggapi situasi kemanusiaan yang parah di wilayah Gaza serta mengkomunikasikan secara langsung kesiapan Jepang untuk terus memberikan bantuan," kata Yoko, dikutip Reuters, Kamis (2/11/2023).

Dia tidak memberi rincian lebih lanjut siapa saja rekan-rekan Palestina yang akan ditemui selama kunjungan tersebut.

Lalu, Yoko juga menyinggung serangan Israel di kamp Jabalia yang menewaskan ratusan orang. Yoko mengatakan serangan itu dilakukan Israel dengan menargetkan pasukan Hamas.

"Saya memahami militer Israel mengatakan serangan itu menargetkan operasi Hamas dan infrastruktur terkait," katanya.

Dia menolak untuk memberikan komentar lebih lanjut tentang serangan tersebut.

Mengenai warga Jepang yang berada di Gaza, Yoko mengatakan, 10 warga negara Jepang dan delapan anggota keluarga Palestina mereka yang ingin meninggalkan Gaza telah dievakuasi ke Mesir, seraya menambahkan bahwa para pengungsi berada dalam kondisi kesehatan yang baik.

Dia mengatakan Jepang akan tetap berhubungan dengan salah satu warga negara Jepang yang tinggal di Gaza yang ingin tetap di sana dan tidak mengungsi.

Rekomendasi