Proses Evakuasi Keluarga WNI di Gaza Belum Berhasil, Menlu RI: Kami Terus Berusaha

| 06 Nov 2023 13:20
Proses Evakuasi Keluarga WNI di Gaza Belum Berhasil, Menlu RI: Kami Terus Berusaha
Menlu Retno belum berhasil evakuasi WNI di Gaza (Dok: Menlu RI)

ERA.id - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan evakuasi satu keluarga WNI dari Jalur Gaza belum berhasil. Retno menegaskan ia dan jajaranya sedang berusaha penuh untuk mengevakuasi satu keluarga itu.

"Upaya untuk melakukan evakuasi terhadap satu keluarga WNI yang tinggal di Gaza selatan, kembali belum berhasil,” kata Retno rekaman video yang disampaikan Kementerian Luar Negeri, dikutip Antara, Senin (6/11/2023).

Proses penyelamatan Muhammad Husein, kedua anaknya yang juga WNI, serta istrinya yang berkewarganegaraan Palestina belum berhasil karena pintu perbatasan Rafah dari sisi Gaza tidak dibuka sehingga evakuasi tak bisa dilakukan.

Selain itu, kementerian luar negeri juga mendapat informasi bahwa sudah dua hari terakhir tidak ada evakuasi dari Gaza ke Rafah.

"Kita akan terus berusaha dan kemarin saya melakukan kembali komunikasi dengan berbagai pihak, untuk memastikan bahwa WNI dalam keadaan baik," kata Retno.

"Saya juga langsung berkomunikasi dengan keluarga Pak Husein untuk memberikan semangat dan menyampaikan bahwa kami sedang terus berusaha,” sambungnya.

Sebelumnya pada Jumat pekan lalu pemerintah mengumumkan keberhasilan evakuasi empat WNI dari Gaza, di tengah pertempuran yang terus berkecamuk antara Israel dan Hamas.

Keluarga Abdillah Onim dan ketiga anaknya, serta istrinya yang warga Palestina, dievakuasi ke Mesir sebelum dipulangkan ke Indonesia.

Rekomendasi