Ratusan Staf Deplu Tuding Biden Sebar Informasi Salah Terkait Palestina, Menlu: Akan Mempertimbangkan Saran dan Masukkan

| 14 Nov 2023 15:35
Ratusan Staf Deplu Tuding Biden Sebar Informasi Salah Terkait Palestina, Menlu: Akan Mempertimbangkan Saran dan Masukkan
Staf Deplu tuding Biden sebar informasi salah (Dok: Instagram/potus)

ERA.id - Juru bicara Departemen Luar Negeri, Matthew Miller menanggapi tudingan ratusan staf yang menyebut Joe Biden menyebarkan informasi salah terkait konflik Israel-Hamas. Miller mengatakan Menlu AS sudah bertemu dan komunikasi dengan para staf terkait hal itu.

“Menteri telah bertemu dengan sejumlah orang dari semua lapisan di berbagai biro di Deplu untuk mendengar pendapat mereka tentang kebijakan kami, baik yang berkaitan dengan Israel dan konfliknya dengan Hamas dan isu-isu lain, termasuk isu yang sangat kontroversial. Dia juga mendorong masyarakat untuk memberikan masukan,” kata Miller, dikutip Antara, Selasa (14/11/2023).

Lalu, kata Miller, Antony Blinken meminta agar orang-orang yang tidak setuju dengan pernyataan Presiden AS untuk berbicara. Namun dia menegaskan hal itu bukan berarti pihaknya akan mengubah kebijakan berdasarkan perbedaan pendapat.

“Dia meminta orang-orang untuk angkat bicara jika mereka tak setuju. Dia akan mempertimbangkan saran-saran tersebut dan akhirnya akan mengambil keputusan yang menurutnya keputusan terbaik dan menyampaikan sarannya kepada presiden tentang apa yang harus dilakukan,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah staf Departemen Luar Negeri dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) menulis sebuah memo tentang perbedaan pandangan yang menuduh Presiden Joe Biden "menyebarkan informasi salah" tentang konflik Israel-Hamas.

Memo yang ditandatangani 100 staf Departemen Luar Negeri dan USAID itu menyebutkan Biden menyebarkan informasi salah dalam pidatonya pada 10 Oktober mengenai serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Memo itu diserahkan ke kantor kebijakan Deplu pada 3 November dan sangat merekomendasikan agar pemerintah AS “mengadvokasi pembebasan sandera oleh Hamas dan (Israel),” dengan alasan “ribuan” warga Palestina ditahan di Israel, beberapa di antaranya “tanpa tuduhan”.

Dalam memo tersebut juga mendesak Biden, yang dalam pidatonya mengatakan AS mendukung Israel, agar berbuat lebih banyak untuk mempertanyakan aksi yang dilakukan Israel, menurut laporan tersebut.

Laporan Axios menyusul sejumlah laporan lainnya dalam beberapa pekan belakangan tentang “pemberontakan” di Deplu mengenai dukungan tanpa syarat AS kepada Israel saat jumlah korban sipil di Gaza terus bertambah.

Memasuki hari ke-38 agresi Israel di Jalur Gaza, sedikitnya 11.180 warga Palestina, termasuk 7.700 lebih anak dan perempuan, tewas. Sementara, lebih dari 28.200 orang lainnya terluka, menurut data terkini otoritas Palestina di wilayah kantong tersebut.

Sementara itu, jumlah korban tewas di pihak Israel hampir mencapai 1.200 orang, menurut data resmi Israel.

Rekomendasi