Menjelang Gencatan Senjata, Yordania Perketat Keamanan di Perbatasan Israel

| 22 Nov 2023 15:21
Menjelang Gencatan Senjata, Yordania Perketat Keamanan di Perbatasan Israel
Yordania perketat keamanan di perbatasan Israel (Dok: Istimewa)

ERA.id - Yordania meningkatkan kehadiran militer mereka di sepanjang perbatasannya dengan Israel. Pihaknya juga memperingatkan bahwa setiap upaya Israel untuk memaksa warga Palestina menyeberangi Sungai Yordan akan menjadi pelanggaran terhadap perjanjian damai dengan negara tetangganya.

Perdana Menteri Yordania Bisher Khasawneh mengatakan negaranya akan menggunakan "segala cara yang mereka bisa" untuk mencegah Israel menerapkan kebijakan transfer apa pun untuk mengusir warga Palestina secara massal dari Tepi Barat.

“Setiap perpindahan atau terciptanya kondisi yang mengarah pada hal tersebut, Yordania akan menganggapnya sebagai deklarasi perang dan merupakan pelanggaran signifikan terhadap perjanjian damai,” kata Khasawneh dikutip Reuters, merujuk pada perjanjian damai tahun 1994 dengan Israel.

“Hal ini akan mengarah pada likuidasi perjuangan Palestina dan merugikan keamanan nasional Yordania,” tambah Khasawneh.

Yordania, negara Arab kedua setelah Mesir yang menandatangani perjanjian perdamaian, memiliki hubungan keamanan yang kuat dengan Israel. Namun hubungan keduanya anjlok sejak munculnya salah satu pemerintahan paling sayap kanan dalam sejarah Israel.

“Perjanjian damai hanya akan menjadi selembar kertas di rak yang tertutup debu jika Israel tidak menghormati kewajibannya dan melanggarnya,” kata Khasawneh.

Ancaman apa pun terhadap keamanan nasional Yordania akan “menempatkan semua opsi yang ada”, kata Khasawneh, seraya menambahkan bahwa pengerahan pasukan baru-baru ini di sepanjang perbatasan dengan Israel adalah bagian dari langkah-langkah untuk melindungi keamanan negara tersebut.

Konflik Israel-Gaza telah menimbulkan ketakutan lama di Yordania, yang merupakan rumah bagi sejumlah besar pengungsi Palestina dan keturunan mereka. Kelompok sayap kanan ultra-nasionalis garis keras yang kini berada di pemerintahan Israel telah lama mendukung solusi Yordania adalah Palestina terhadap masalah Israel-Palestina.

Warga dan saksi mata telah melihat barisan besar kendaraan lapis baja dan tank bergerak di sepanjang jalan raya utama menuju Lembah Yordan di seberang Tepi Barat dalam beberapa hari terakhir.

Para pejabat mengatakan tentara sudah dalam keadaan siaga tinggi terhadap kemungkinan apa pun.

Khasawneh mengatakan tindakan Israel di Tepi Barat dapat memicu kekerasan yang lebih luas, mengingat meningkatnya serangan pemukim Yahudi terhadap warga sipil Palestina sejak serangan 7 Oktober.

Rekomendasi